Buaya 3 Meter Tersangkut di Jaring Nelayan Natuna

Tim Damkar Natuna mengevakuasi buaya yang tersangkut di jaring nelayan, Sabtu (21/10/2023). (Foto: Damkar Natuna)

NATUNA (marwahkepri.com) – Buaya muara berukuran 3 meter tersangkut di jaring nelayan di Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna.

Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Damkar Natuna Trendy Madyariska mengatakan pihaknya mendapatkan laporan buaya itu pada Sabtu (21/10/2023) malam. Setelah mendapat informasi, pihaknya langsung menerjunkan tim ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

“Kami terima laporan Sabtu (21/10/2023) malam bahwa buaya tersangkut di jaring tangkap masyarakat di Desa Seleman. Tim Dinas Damkar langsung ke lokasi,” kata Trendy, Minggu (22/10/2023).

Buaya yang terperangkap di jaring warga itu kemudian langsung dievakuasi dengan waktu kurang lebih 1,5 jam.

“Dilakukan penangkapan dan dievakuasi ke kantor. Hampir 1,5 jam. Diketahui buaya merupakan buaya muara. Panjang buaya kurang lebih 3 meter,” ujarnya.

Trendy menyebut buaya itu kemudian dilepasliarkan di Sungai Penarik, Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan.

“Kami lepasliarkan di Sungai Penarik. Alhamdulillah dari proses evakuasi hingga melepasliarkan tidak ada hambatan,” ujarnya.

Damkar Natuna mengimbau masyarakat di Kabupaten Natuna agar berhati-hati saat beraktivitas di pantai dan menangkap ikan. Jika ada temuan buaya diharapkan masyarakat mengkoordinasikan hal tersebut.

“Kami imbau kepada masyarakat yang ingin menangkap ikan di sungai atau muara kami berharap berhati-hati karena daerah kita banyak buaya,” tuturnya. MK-zani

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f