IFRAME SYNC

KASAU Akui Natuna Wilayah Strategis Nasional, Lanud Raden Sadjad Perlu Naik Tipe

KASAU Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, memberikan keterangan kepada awak media.(Foto/Nang)

NATUNA (marwahkepri.com) – Kabupaten Natuna merupakan salah satu daerah strategis nasional karena berbatasan langsung dengan beberapa negara ASEAN.

Selain berdekatan dengan negara tetangga, daerah terluar di provinsi Kepulauan Riau ini, juga berada di jalur perdagangan  internasional dan menyimpan potensi kekayaan alam.

Posisi Natuna yang sangat strategis, juga diakui oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono.

Hal ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, saat melaksanakan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka meninjau kesiapan operasi sekaligus peresmian tugu pesawat tempur Super Tucano dan Sukhoi di Lanud Raden Sadjad.

“Begitu stategisnya Natuna bagi kita TNI Angkatan Udara maupun bagi saya untuk pertahanan Indonesia di Laut Natuna Utara,” ujarnya, Selasa, 7 Mei 2024.

Dengan melihat posisi Natuna yang sangat strategis, peningkatan status Lanud Raden Sadjad (RSA) sangat penting guna memperkuat pertahanan negara di perbatasan.

Namun demikian, Tonny Harjono mengatakan bahwa peningkatan status atau naik tipe sebuah pangkalan udara bukanlah semudah membalikkan telapak tangan.

“Wacana ini masih dalam proses. Peningkatan tipe perlu dilakukan, namun tidak semudah itu meningkatkan status yang awalnya Letnan Kolonel Komandan Lanudnya, sekarang tipe B Komandannya Kolonel manjadi Lanud tipe A,” ungkapnya.MK-nang

Redaktur : Munawir Sani 

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f