IFRAME SYNC

Wabah Infeksi Jamur Berbahaya Menghantui Tentara Israel dan Masyarakat Gaza

Ilustrasi tentara Israel terkena wabah jamur mematikan. (f: ist)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Sejumlah tentara Israel dilaporkan menghadapi kondisi parah dan dirawat di rumah sakit karena infeksi jamur berbahaya selama perang di Jalur Gaza. Beberapa tentara bahkan mengalami cedera anggota tubuh parah, dan jamur ini terbukti tahan terhadap pengobatan, menyebabkan beberapa kematian di kalangan pasukan tersebut.

Pejabat medis militer belum mengetahui penyebab infeksi jamur tersebut yang relatif fatal, namun, telah terkonfirmasi bahwa beberapa kasus serupa terjadi di antara tentara yang terluka yang pulang dari Gaza. Para pakar medis mengkhawatirkan penyebaran infeksi jamur yang mematikan ini ke warga sipil.

Prof. Nadav Davidovitch, ahli epidemiologi yang mengepalai Ben-Gurion School of Public Health di Universitas Negev, mengungkapkan bahwa sebagian besar tentara yang terluka kembali menderita infeksi serius yang resisten terhadap antimikroba. Mereka terinfeksi melalui kontak dengan tanah yang terkontaminasi dan faktor-faktor lainnya.

Saat ini, walaupun belum ada banyak laporan penyakit di antara warga Gaza, ada potensi penyebaran penyakit tersebut ke Israel melalui kembalinya pasukan atau sebaliknya. Meskipun kantor Juru Bicara Pasukan Pertahanan Israel menyatakan bahwa tidak ada wabah penyakit menular di kalangan tentara IDF, para ahli kesehatan masyarakat memperingatkan perlunya serius mengatasi situasi ini untuk mencegah penyebaran yang lebih luas. MK-dtc

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f