IFRAME SYNC

Minuman Penurun Gula Darah yang Perlu Diketahui oleh Penderita Diabetes

Menjaga pola makan sangat penting bagi penderita diabetes dan prediabetes untuk mencegah terjadinya gula darah tinggi. Lalu, minum apa agar gula darah turun? Ternyata selain menghindari minuman yang manis, penderita gula darah tinggi dapat minum teh, kopi, dan susu nabati. Untuk lebih jelasnya, ketahui minuman penurun gula darah berikut ini.

Minum apa agar gula darah turun? Beberapa jenis minuman ternyata dapat dikonsumsi oleh penderita gula darah tinggi dan dapat menurunkan kadar gula darah. Disarikan dari Healthline dan Eat This, berikut adalah beberapa minuman penurun gula darah yang perlu diketahui.

Air Putih: Minum air putih tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, tetapi juga akan menurunkan kadar gula darah. Pasalnya, air putih dapat membantu ginjal untuk mengeluarkan kelebihan gula di dalam darah melalui urine sehingga kadar gula darah akan menurun.

Teh: Teh tanpa tambahan gula memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mendukung kesehatan secara umum. Selain itu, beberapa jenis teh, seperti teh chamomile dan teh hitam, sudah terbukti dapat meningkatkan kontrol glikemik jika dikonsumsi tiga kali sehari selama delapan minggu.

Kopi Hitam: Minum kopi hitam tanpa gula setiap dua kali sehari dapat mencegah peningkatan kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada orang sehat. Kopi juga memiliki kandungan antioksidan yang baik yang dapat mengurangi inflamasi dan stres oksidatif di dalam tubuh.

Jus dari Sayur: Jus yang terbuat dari sayuran hijau dapat meningkatkan asupan serat pada tubuh sehingga kadar gula darah tetap stabil. Anda dapat membuat jus dari beberapa jenis sayuran hijau, seperti bayam, kale, atau seledri, dan dikonsumsi dengan ampasnya.

Susu Nabati: Susu hewani sudah terbukti dapat meningkatkan resistensi insulin sehingga kadar gula darah meningkat. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggantinya dengan susu nabati, seperti susu kedelai, almond, dan oat.

Kombucha: Kombucha adalah minuman fermentasi yang umumnya terbuat dari teh hitam atau teh hijau. Kombucha memiliki kandungan probiotik yang baik yang dapat meningkatkan kontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Memahami minum apa agar gula darah turun sangatlah penting karena beberapa jenis minuman dapat memicu terjadinya gula darah tinggi. Selain itu, penderita kadar gula darah tinggi juga perlu melakukan pola hidup sehat dan mengontrol asupan makanan untuk mencegah terjadinya komplikasi diabetes.

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f