IFRAME SYNC

Negara ASEAN Gelar Latihan Militer di Batam, Lalu Lanjut ke Natuna

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membuka latihan bersama pertama militer negara-negara ASEAN di Dermaga Batu Ampar, Batam, Selasa (19/9/2023). (Foto: GoKepri)

BATAM (marwahkepri.com) – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membuka latihan bersama pertama militer negara-negara ASEAN di Dermaga Batu Ampar, Batam, Selasa (19/9/2023).

Latihan militer itu bernama ASEAN Solidarity Exercise (Asex-01) Natuna. Adapun tema yang diambil yaitu “Promoting Regional Peace and Stability through ASEAN Military Cooperation”.

“Tanggal 19 September 2023, latihan Asex-01 Natuna 2023 saya nyatakan dibuka,” ujar Panglima TNI.

Latihan militer bersama ini akan digelar dari Batam menuju ke Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

“Nanti rutenya dari Batam menuju ke Ranai dan di Ranai kita akan laksanakan bakti sosial, bakti kesehatan, intinya untuk kesejahteraan masyarakat di Natuna,” kata dia.

Yudo mengatakan latihan kali ini bukan latihan perang. Latihan ini fokus pada penanggulangan bencana dan kegiatan sosial.

“Walaupun latihannya bukan latihan perang, karena ASEAN lebih pada ekonomi,” ucapnya.

“Dihadiri oleh Panglima angkatan bersenjata Malaysia, Panglima angkatan bersenjata Singapura, Wakil Panglima angkatan bersenjata Thailand dan seluruh perwakilan dari negara-negara ASEAN,” tambahnya.

Kegiatan latihan bersama berupa maritime security/marsec dan penanggulangan bencana, Engineer Civil Action Project (ENCAP), Medical Civil Action Project (MEDCAP), Cargo Drop dan bakti sosial.

Latihan juga akan melibatkan unsur sipil dari negara ASEAN dengan TNI sebagai koordinatornya. MK-mun/dtk

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f