IFRAME SYNC

Menurut Gus Baha, 3 Jenis Hewan ini Menghambat Hari Kiamat

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha.(Foto/liputan6)

MARWAHKEPRI.COM – Kiamat, sebuah topik yang sering menjadi bahan pembicaraan dalam forum-forum keilmuan, tidak luput dari perhatian ulama-ulama kharismatik seperti KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang biasa disapa Gus Baha.

Menurut murid KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen ini, kiamat masih jauh jika masih ada tiga jenis hewan di muka bumi. Ulama ahli tafsir ini menjelaskan bahwa ketiga jenis hewan tersebut dianggap sebagai penghambat hari kiamat.

“Gus Baha mengatakan bahwa kiamat masih sangat jauh jika dikait-kaitkan dengan kejadian yang banyak terjadi belakangan ini, seperti bencana dan lain-lain,” demikian dilaporkan dari akun channel YouTube Santri Gayeng.

Menurut Gus Baha, selama ketiga jenis hewan ini masih ada, Insya Allah kiamat masih jauh. Hal ini karena hewan-hewan tersebut masih dijadikan sebagai bahan makanan dan sumber nutrisi penting bagi manusia.

Dalam ilmu fiqih, ketiga hewan yang dimaksud adalah unta, sapi, dan kambing. Meskipun seringkali dipandang sebagai hewan untuk konsumsi dan pemenuhan nutrisi, banyak juga yang memandangnya sebagai hewan yang memiliki tingkah lucu dan polah yang unik.

“Selama Allah masih menciptakan hewan yang bisa dimakan manusia, itu berarti Allah masih ingin manusia hidup,” ujar Gus Baha, seperti yang dikutip dari Hidayatuna.com.

Menurut Gus Baha, keberadaan hewan-hewan ini menunjukkan bahwa Allah SWT masih ingin manusia hidup dan tidak ingin menyiksanya.

“Selama masih ada dabbah, yakni hewan apa saja yang menjadi sumber energi manusia, itu berarti Allah masih belum ingin menyiksa manusia (kiamat),” jelasnya.

Pendapat Gus Baha ini memberikan sudut pandang baru dalam memahami tanda-tanda kiamat dan menegaskan pentingnya menjaga keberadaan hewan-hewan sebagai bagian dari ciptaan Allah SWT yang memberi manfaat bagi manusia.(*)

Redaktur : Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f