PLN Batam dan PT McDermott Indonesia Resmi Operasikan PLTS Atap sebagai Upaya Pencapaian Bauran Energi 23% Tahun 2025

Penandatangan Nota Kesepakatan Bright PLN Batam bersama PT McDermott Indonesia. (f: doc)

BATAM (marwahkepri.com) – PT PLN Batam membuktikan keseriusannya dalam meningkatkan bauran energi dengan mengoperasikan secara bertahap Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap berkapasitas 6.2 Mega Watt peak (MWp) bersama PT McDermott Indonesia. Langkah ini menandai komitmen PLN Batam terhadap listrik hijau dan transisi energi ke net zero emission pada tahun 2060.

Pada upacara commissioning yang berlangsung pada Jumat, 24 November 2023, PLN Batam mengumumkan kolaborasinya dengan PT McDermott Indonesia untuk menghadirkan Layanan Total Solusi PLTS Atap. Ini merupakan inisiatif PLN Batam dalam mendukung program Energi Baru Terbarukan (EBT) dan menjawab tantangan transisi energi, terutama di wilayah Batam.

Muhammad Darwin, Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Riau, menyambut baik inisiatif PLN Batam dan menyatakan apresiasinya terhadap kolaborasi dengan PT McDermott.

“Pemerintah melalui Kementerian ESDM berkomitmen mendukung target net zero emission tahun 2060. Untuk mencapai target ini Pemerintah telah menetapkan beberapa program pengembangan EBT seperti mendiversifikasi sumber energi, mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dengan mendorong energi terbarukan, termasuk PLTS terapung dan PLTS Atap,” beber Darwin.

Purnomo, EVP Perencanaan Strategis Pembangkitan PT PLN (Persero), menyoroti kontribusi PLN sebagai BUMN dalam mendukung program pemerintah.

“Terima kasih kepada PT McDermott karena telah menjadi pelanggan PLTS PLN Batam, semoga kerjasama ini dapat terus berjalan harmonis karena PLN membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak untuk menyukseskan program pemerintah net zero emission,” papar Purnomo.

Muhammad Irwansyah Putra, Direktur Utama PT PLN Batam, menjelaskan bahwa melalui program Layanan Total Solusi PLTS Atap, PLN Batam telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik Energi Baru dan Terbarukan (PJBTL EBT) dengan beberapa pelanggan.

“Dalam rangka mendorong target bauran energi tersebut, PT PLN Batam melalui program Layanan Total Solusi PLTS Atap telah melakukan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik Energi Baru dan Terbarukan (PJBTL EBT) dengan beberapa pelanggan PT PLN Batam untuk menyediakan energi bersih melalui PLTS Atap termasuk diantaranya dengan PT MC Dermott Indonesia,” kata Irwansyah.

Andrew Patterson selaku Director Fabrication PT McDermott Indonesia mengatakan bahwa program Layanan Total Solusi PLTS Atap sebagai mile stone dalam perjalanan menuju energi hijau berkelanjutan dan net zero emisi di tahun 2060 untuk PT McDermott Indonesia.

“Pencapaian yang kita rayakan hari ini bukan hanya hasil dari kolaborasi dan kerja tim tapi juga untuk komitmen untuk kita dalam menghasilkan energi hijau berkelanjutan. Ini adalah contoh nyata dari apa yang bisa kita capai bersama jika semua pihak bersatu untuk tujuan yang sama. Kedepannya pejalannan kita akan berlanjut dengan begitu banyak target positif yang akan kita capai bersama,” tutup Andrew. MK-mun

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f