Bupati Natuna Wan Siswandi ditemani Wakil Bupati Rodhial Huda meresmikan Gedung Museum Natuna di Komplek Masjid Agung NGU, Kecamatan Bunguran Timur, Kamis (27/7/2023). (Foto: zani)

NATUNA (marwahkepri.com) – Bupati Natuna Wan Siswandi meresmikan Gedung Museum Natuna di Komplek Masjid Agung NGU, Kecamatan Bunguran Timur, Kamis (27/7/2023).

Wan Siswandi menyampaikan, gedung dengan nilai anggaran sebesar Rp 34 miliar itu mulai dibangun sejak 2016 dan rampung pada tahun 2021. Kini sudah terisi dengan benda-benda yang layak dijadikan sebagai isi museum pada umumnya.

“Ini direncanakan sejak tahun 2013, namun baru sekarang kita resmikan. Museum ini diserahterima dari Kemdikbduristek pada 2 September 2022 lalu,” ucapnya.

Ia berharap museum ini dapat memberikan manfaat bagi pembangunan di Kabupaten Natuna terutama pembangunan dibidang Sumber Daya Manusia (SDM).

Museum Natuna terlihat sudah terisi dengan berbagai material purbakala seperti gerabah, peninggalan Dinasti China, pedang pusaka, bedil, peninggalan masa penjajah dan perabotan rumah tangga tempo dulu.

Selain itu, terlihat naskah-naskah sejarah yang dipajang dengan papan pamflet di sebagian dinding museum. Kemudian terdapat juga ruang sinema (audio visual) yang menampilkan kisah-kisah dan sejarah tentang Natuna.

Acara peresmian digelar dengan meriah dan dihadiri oleh seluruh pejabat Pemkab Natuna, Forkompinda Natuna dan tokoh masyarakat Kabupaten Natuna.

Acara diakhiri dengan menikmati hidangan khas Natuna yang sudah disediakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Natuna selaku penyelenggara acara. MK-Zani

Redaktur: Munawir

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f