IFRAME SYNC

Ayo Mendaki Gunung dan Rasakan Sensasi Berenang di Air Terjun Pongkar Karimun

Air Terjun Pongkar di Desa Pongkar. (Foto: net)

KARIMUN (marwahkepri.com) – Terletak di kaki Gunung Jantan, Air Terjun Pongkar merupakan destinasi wisata alam yang sangat dikenal di Kabupaten Karimun. Lokasinya tersembunyi, untuk menggapainya wisatawan harus melintasi bukit mendaki serta menyusuri sungai-sungai kecil yang berhias pepohonan hutan.

Kalau wisatawan pecinta alam dan menyukai ber-treking-ria di alam terbuka, Air Terjun Pongkar adalah destinasi pas. Wisatawan bisa melampiaskan hobby itu dengan menerabas hutan di sekitaran kawasan Gunung Jantan sebelum sampai ke lokasi air terjun.

Jalur menuju ke sana sudah tersedia berupa semen cor berlebar dua meteran. Gampang dilalui, tetapi kalau tak biasa menjelajah alam, aktifitas ini cukup menguras tenaga.

Di sepanjang jalur menuju ke air terjun yang berjarak hampir satu kilometer ini, wisatawan bakal melintasi rerimbunan pohon hutan yang berada di sisi kiri kanan jalan. Sesekali menyeberangi jembatan kecil yang di bawahnya terdapat sungai kecil berair jernih. Airnya mengalir pelan, mengisi celah-celah batu yang ada di pinggir hingga tengah sungai.

Sajian alam yang apa adanya ini makin terasa sempurna ketika wisatawan sudah memasuki kawasan air terjunnya yang berada di permukaan bukit. Posisinya cukup tinggi dan bertebing batu. Oleh karena ada batu besar yang teronggok di tengah-tengah puncak tebing, airnya yang mengalir ke bawah terbelah dua, satu melintasi sisi kanan tebing, satunya lagi yang mengalir paling deras berada di sisi kiri.

Seluruh air itu lalu menghimpun dalam satu telaga yang cukup lebar. Di telaga inilah biasanya pengunjung mandi atau berendam. Sebagian lagi, mereka mandi atau bermain-main air di lokasi kolam berdinding keramik yang berada di sebelahnya.

Aktifitas lain selain mandi di telaganya, wisatawan bisa menyusuri juga bagian puncak air terjun, menuju ke lokasi yang mendekat sumber mata air.

View yang ditawarkan justru lebih eksotik. Sebab wisatawan akan dituntun melintasi celah-celah aliran air yang dihampari batu berbagai ukuran dan bentuk. Sekelilingnya, tumbuh rapat pepohon hutan yang tinggi, besar lagi berdaun lebat. Hmm..sejuk sekaligus menyegarkan.

Jernihnya air yang mengalir dari Air Terjung Pongkar. (Foto: net)

Kalau lelah, jangan risau. Di mana-mana tempat, di sekitaran air terjun, wisatawan bisa berehat. Di atas batu-batu, di bawah pohon rindang atau bisa di pondok-pondok kecil yang ada di sejumlah sudut. Dan kalau lapar tinggal pesan saja di kedai sederhana yang menjual aneka makanan dan minuman ringan.

Sembari makan, coba arahkan pandangan wisatawan ke atas atau ke area sekeliling tempat wisatawan berehat. Wisatawan akan saksikan burung yang tengah hinggap di dahan. Sesekali, kalau lagi beruntung wisatawan juga bisa melihat sekawanan monyet yang tengah mencari makan, bergelayut di sela-sela ranting pohon.

Nah, kalau sudah puas berlama-lama di sana, silakan kembali ke tempat wisatawan tadi bertolak. Tapi jangan lupa, kalau ke air terjun ini, sebelumnya persiapkan segala sesuatunya dengan masak. Bawalah baju ganti, handuk, lotion anti nyamuk, topi bertepi lebar, serta bekal makan secukupnya.

Satu lagi yang perlu diingat, selama berada di lokasi, jagalah kebersihan dengan tidak mencorat-coret dinding batu atau tebing dan sekali- sekali jangan membuang sampah di sembarang tempat.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, selain keindahan kemaritiman, Karimun juga terkenal dengan wisata alamnya yang indah.

“Ada beberapa lokasi wisata alami di Kepri, salah satu lokasi wisata Air Terjun Desa Pongkar Karimun. Tempat ini dan sangat cocok dijadikan pilihan rekreasi,” ujarnya.

Tempat ini sudah dikenal banyak orang dan selalu ramai dikunjungi terutama di akhir pekan atau saat libur maupun usai perayaan kegamaan.

Karena itulah Gubernur Ansar Ahmad menetapkan Air Terjun Pongkar sebagai salah satu kawasan strategis dan daya tarik wisata Provinsi Kepri di Kabupaten Karimun.

Jadi ayo berwisata ke Kabupaten Karimun! MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

 

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f