Tampilkan Aneka Ragam Kegiatan, Wakil Bupati Natuna Buka Even Pariwisata Festival Pulau Setanau

Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, secara resmi membuka Festival Pulau Setanau, pada Sabtu, 20 April 2024. (Foto: nang)

NATUNA (marwahkepri.com) – Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, secara resmi membuka Festival Pulau Setanau, pada Sabtu, 20 April 2024.

Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga, bekerja sama dengan Dinas Pariwisata (Dispar) kabupaten Natuna.

Kegiatan yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun ini, menampilkan aneka ragam kegiatan menarik seperti perlombaan sampan dayung, gasing, melukis Pulau Setanau, ukiran kolek, hingga fashion show.

Kepala Desa Sabang Mawang sekaligus Ketua pelaksana kegiatan, Mansyur, mengatakan, Festival Pulau Setanau menggunakan anggaran Dana Desa (DD) dan dukungan dana dari Dispar Natuna.

“Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan hari ini, seperti perlombaan Gasing, sampan dayung, melukis Pulau Setanau, mancing berdiri, hingga fashion show,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya festival tahunan ini akan semakin menarik minat wisatawan mengunjungi pulau Setanu pada khususnya dan Natuna pada umumnya.

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, secara otomatis akan meningkatkan peluang ekonomi bagi masyarakat.

“Harapan kita kedepan semakin banyak yang berkunjung ke Natuna dan ke pulau Setanau pada khususnya, sehingga dapat mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat kita,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Bupati Natuna, Rodial Huda, mengapresiasi penyelenggara acara Festival Pulau Setanau.

Orang nomor dua di kabupaten perbatasan ini menyatakan kegembiraannya melihat kebersihan pantai Setanau yang terjaga.

“Ini merupakan langkah awal yang tepat agar para wisatawan dapat menikmati Pulau Setanau dengan nyaman,” ujar Rodial.

Rodial juga mengajak wisatawan untuk menjaga kebersihan Pulau Setanau dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Laut bukanlah tong sampah, jadi jangan buang sampah di laut agar biota laut tetap terjaga dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Rodhial berharap Festival Pulau Setanau dapat menjadi acara tahunan yang lebih besar dan diakui secara internasional.

Pada kesempatan itu, ia juga menyinggung bahwa Pulau Tiga sudah beberapa kali dikunjungi oleh kapal pesiar pada tahun 2011.

“Sumber daya alam kita, seperti terumbu karang dan potensi diving, serta warisan sejarah di Natuna, merupakan daya tarik bagi wisatawan. Oleh karena itu, festival ini perlu diperbesar dan mendapatkan perhatian internasional,” tutup Rodial.

Acara ini turut dihadiri Sekda Natuna, Asisten Pemerintah Kabupaten Natuna, Direktur RSUD Natuna, dan para Kepala Dinas.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, Festival Pulau Setanau diharapkan dapat menjadi ajang yang mempererat kebudayaan dan pariwisata lokal Natuna. MK-saida

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f