Pengamanan Festival Kande-kandea Tolandona, Polres Buton Tengah Siagakan 314 Personel

Suasana gelar pasukan pengamanan Pesta Adat Kande-kandea bertempat di Halaman Rujab Kelurahan Tolandona, Kecamatan Sangia Wambulu Kabupaten Buton Tengah, Sabtu (20/4/2024). (Foto: salahudin)

BUTON TENGAH (marwahkepri com) – Polres Buton Tengah menggelar apel pasukan pengamanan Pesta Adat Kande-kandea bertempat di Halaman Rujab Kelurahan Tolandona, Kecamatan Sangia Wambulu Kabupaten Buton Tengah, Sabtu (20/4/2024).

Polres Buton Tengah menyiagakan 314 personel pengamanan yang terdiri dari personel Polres Buton Tengah maupun TNI dan BKO dari Sat Brimob, Polres Baubau dan Polres Muna yang dibagi dalam 10 pos pengamanan disejumlah titik yang tersebar di sekitaran Festival Kande-kandea.

Dalam sejarahnya, tradisi Kande-kandea merupakan pesta rakyat tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Tolandona untuk menyambut dan merayakan kemenangan para ksatria yang bertugas menjaga keutuhan wilayah kesultanan Buton.

Seiring waktu, Festifal Kande-kandea kemudian menjadi event tahunan perayaan para perantau masyarakat Buton Tengah yang pulang kampung ke daerahnya sebagai ajang silaturahmi dan pencarian jodoh. Festival ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT melalui penyajian aneka macam makanan tradisional khas Buton Tengah.

Kapolres Buton Tengah Melalui Wakapolres Buton Tengah Kompol Sumarso, S.Sos mengatakan dengan perkiraan akan dihadiri ribuan masyarakat, personel pengamanan yang disiagakan akan memperketat penjagaan dengan melaksanakan patroli serta pemeriksaan kepada masyarakat yang hadir guna mengantisipasi senjata tajam maupun peredaran minuman keras demi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat selama pelaksanaan kegiatan.

Lebih Lanjut Wakapolres Buton Tengah Kompol Sumarso, S.Sos juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Buton Tengah agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Buton Tengah agar tetap kondusif. MK- Salahudin

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f