Pramuka Pangkalan SMP Negeri 2 Singkep Ikuti Penilaian Pramuka Penggalang Garuda

LINGGA (marwahkepri.com) – Gugus Depan Lingga 01.031 dan 01.032 yang berpangkalan di SMPN 2 Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, menggelar acara penilaian Pramuka Penggalang Garuda. Meskipun diwarnai hujan lebat, kegiatan berlangsung dengan semangat dan antusiasme tinggi. Sebanyak 15 anggota Gerakan Pramuka Penggalang putra dan putri berpartisipasi dalam acara tersebut pada Senin (4/3/2024).

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lingga, Drs. Junaidi Adjam M.Pd, melalui Sekretaris Kwarcab Lingga, Sahroni, S.Pd, memberikan apresiasi kepada Kamabigus dan para Pembina SMP 2 Singkep yang turut serta dalam penilaian Pramuka Penggalang Garuda di Gugus Depan. Sahroni menyampaikan hal ini saat melakukan peninjauan penilaian Pramuka Penggalang Garuda.

“Pramuka Garuda adalah para anggota Gerakan Pramuka yang memiliki karakter dan keterampilan luar biasa, unggul dari yang lainnya,” ujar Sahroni, yang ditemani Ketua Pusdiklat Kwarcab, Saiful, SE. Sahroni juga memberikan semangat kepada para peserta, mengajak mereka untuk terus berlatih dan meningkatkan diri.

“Tim penilai yang terlibat dalam acara ini berasal dari berbagai unsur, termasuk pembina gugus depan, tokoh masyarakat, orang tua, dan unsur kwartir ranting,” tambahnya. Menurut Sahroni, kegiatan ini menunjukkan betapa seriusnya penilaian yang dilakukan untuk mengukur prestasi dan potensi para Pramuka Penggalang.

Kepala Sekolah SMPN 2 Singkep sekaligus selaku Ka Mabigus, Sudihartina, S.Pd, menjelaskan bahwa penilaian Pramuka Garuda tingkat penggalang yang dilaksanakan di pangkalan SMP Negeri 2 Singkep merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Penilaian Pramuka tingkat Penggalang diberikan kepada adik-adik yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK), dan layak dinilai untuk menjadi Pramuka Garuda.

Sudihartina menekankan pentingnya memberikan apresiasi kepada anggota Gerakan Pramuka yang konsisten aktif, karena kegiatan Pramuka bukan hanya sekadar hobi, tetapi juga sarana pengembangan karakter dan keterampilan generasi muda.

“Harapan saya adalah Pramuka Penggalang Garuda ini tidak hanya menjadi prestasi semata, tetapi juga menjadi teladan bagi teman-teman di sekolah dan masyarakat. Semoga semangat juang dan semangat kebersamaan yang terpancar dari kegiatan ini dapat menginspirasi dan memotivasi lebih banyak anak-anak untuk bergabung dalam Gerakan Pramuka,” ujar Sudihartina. (mk/willy)

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f