Pemkab Lingga Capai Kemajuan Pesat di Bawah Kepemimpinan Bupati Nizar

Bupati Lingga, M. Nizar saat memberikan sambutan dalam Musrenbang tingkat Kecamatan. (F:ist)

LINGGA (marwahkepri.com) – Di tengah semangat yang tinggi, Kabupaten Lingga berhasil mencapai berbagai prestasi di bawah kepemimpinan Bupati Muhammad Nizar. Sejak menjabat pada 26 Februari 2021, Nizar telah membangun kolaborasi yang kuat antara Pemerintah Kabupaten Lingga dan berbagai pemangku kepentingan, membawa perubahan positif bagi masyarakat Lingga, Jumat (19/04/2024).

Peningkatan Ekonomi Dan Kesejahteraan Masyarakat

Pemerintahan Nizar telah mendorong pertumbuhan ekonomi yang stabil, yang dibuktikan dengan peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita baik dalam harga berlaku maupun harga konstan setiap tahunnya. Program-program yang dijalankan juga telah berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga mencapai 14,05 persen pada tahun 2022, jauh menurun dari angka 31 persen di tahun 2005.

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lingga terus menunjukkan peningkatan. IPM Lingga yang sebelumnya berada di angka 57,36 pada tahun 2010, kini naik menjadi 66,57 pada tahun 2022.

Bupati Lingga, M. Nizar saat memimpin rapat koordinasi penurunan Stunting. (F:ist)

Penurunan Angka Stunting dan Perkembangan Pariwisata

Dalam bidang kesehatan, angka stunting di Kabupaten Lingga mengalami penurunan hingga 7,39 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Lingga.

Salah satu pencapaian terbaru Kabupaten Lingga adalah penetapan sebagai daerah tujuan wisata nasional oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2023. Daerah tujuan wisata nasional ini berada di kawasan pariwisata budaya Istana Damnah di Daik Lingga, memperkuat posisi Lingga sebagai destinasi wisata budaya.

“Dan ini merupakan kado istimewa untuk Pemerintah Kabupaten Lingga atas kolaborasi dari stakeholder yang terlibat langsung dimana 2023 ini Lingga ditetapkan sebagai daerah tujuan wisata nasional yaitu di lokasi prioritas kawasan pariwisata budaya Istana Damnah,” kata Bupati Lingga, M. Nizar.

Bupati Lingga, M. Nizar exit metting bersama BPK Perwakilan Kepulauan Riau. (F:ist)

Alokasi Anggaran Khusus dan Dukungan Stakeholder

Prestasi ini diperkuat dengan alokasi anggaran khusus senilai sekitar Rp210 miliar dari APBN tahun 2024, yang akan digunakan untuk mempercepat pembangunan Kabupaten Lingga. Alokasi ini akan memperkuat sektor pariwisata, perikanan, industri, dan budaya, serta mendukung program-program teknis dari berbagai OPD seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, Disperindagkop, dan Dinas Kebudayaan.

Bupati Muhammad Nizar berharap kerja sama yang telah terjalin dapat terus berkembang, sehingga berbagai program pembangunan dapat dijalankan dengan lebih efisien. Melalui sinergi dengan seluruh elemen masyarakat, Kabupaten Lingga terus berupaya mewujudkan visi menjadi kabupaten yang maju, sejahtera, dan dikenal di tingkat nasional.

“Mudah-mudahan ini dapat kami wujudkan tentu kerjasama yang kami butuhkan serta saling memberikan masukan semangat kepada Pemda,” harap Nizar.

Diketahui, kabupaten Lingga semakin menunjukkan potensinya sebagai daerah yang layak diperhitungkan dalam skala nasional, diharapkan perjalanan ini akan terus berlanjut dengan kolaborasi dan dukungan semua pihak yang terlibat. (mk/willy)

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f