Diikuti 25 Finalis, Pemilihan Duta Genre Kabupaten Lingga Berlangsung Sukses

LINGGA (marwahkepri.com) – Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga menyelenggarakan kegiatan Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Lingga Tahun 2024, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 26-28 Februari 2024, di Dabo Singkep Kabupaten Lingga.

Pemilihan Duta Genre ini dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Lingga dalam membangun karakter Remaja di Kabupaten Lingga, sesuai visi Forum Genre Lingga ” Menciptakan Genre (Generasi Berencana), Penuh Perencanaan dalam kehidupan sehingga dapat meningkatkan kualitas diri dan tegar remaja.

Kadis kesehatan Kabupaten Lingga yang diwakili oleh Fazinawati, S.A.P selaku Sekretaris Dinas kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam sambutannya menyampaikan agar anak- anak atau remaja yang tergabung dalam Forum Genre benar-benar bisa menjadi model dan contoh bagi remaja lainnya, khususnya dalam mempersiapkan dirinya dalam pematangan usia perkawinan.

Dengan adanya forum genre di Kabupaten Lingga merupakan langkah yang positif untuk mengembangkan potensi diri dan menjadi agen perubahan (agent of change) bagi masa depan Bangsa Indonesia, menuju Indonesia emas Tahun 2045.

“Kepada pengurus forum Genre Kabupaten Lingga agar dapat menyusun program kerja dan mengimplementasikan program kerja yang disusun sehingga para remaja Kabupaten Lingga. Terarah dan memiliki masa depan yang baik”. Tutup Fazinawati

Sementara Srinawati sebagai Perwakilan Ketua Tim PKK Kabupaten Lingga menyampaikan bahwa program genre merupakan program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, melalui pemahaman tentang pendewasaan usia pernikahan sehingga remaja yang ada di Kabupaten Lingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana dan memiliki pekerjaan dan kehidupan yang baik kedepannya.

Pemilihan Duta Genre Tahun 2024 diikuti 25 Finalis dari Berbagai sekolah tingkat SMA sederajat yang ada di Kabupaten Lingga.

Malam Tanggal 28 Februari 2024 yang digelar di Gedung Nasional Dabo Singkep sebagai puncak acara kegiatan ini dan sekaligus pengumuman pemenang pemilihan Duta Genre Kabupaten Lingga Tahun 2024.

Pemenang Duta Genre Kabupaten Lingga yaitu peringkat terbaik Pertama Putri diraih oleh Tiara Anisda Rahmadani SMA N 2 Singkep PIK R Mahkota Remaja, Terbaik Pertama Putra Inzani SMA N 2 Senayang PIK R Amerta, Terbaik Kedua Putra Nelson Fernando SMA N 2 Singkep PIK R Mahkota Remaja, Terbaik Kedua Putri Windi Anggraini SMA N 1 Singkep PIK R Belia Cemerlang, Terbaik Ketiga Putra Solihin Ramadhan, SMA N 3 Senayang PIK R Grasedas, Terbaik Ketiga Putri Wirna Anggita Citra SMA N 1 Senayang PIK R Dang Merdu.

Baby Susanti, S.Sos., M.AP selaku Kabid Pengendalian Penduduk dan KB mengatakan bahwa setelah terpilihnya Duta Genre Kabupaten Lingga Tahun 2024, tentu akan ikut dalam ajang Pemilihan Duta Genre Tingkat provinsi Kepri Tahun 2024, yang akan berlangsung pada Maret Tahun 2024.

“Pemilihan Duta Genre Lingga Tahun 2024 telah selesai, selanjutnya akan ada pemilihan Duta Genre tingkat Provinsi Kepri, Kami berharap semoga perwakilan Duta Genre Lingga dapat menampilkan yang terbaik dan menjadi juara”. Ucapnya

Lebih lanjut Baby Susanti mengatakan bahwa Duta Genre ini merupakan program nasional, dengan adanya program ini dapat membantu pemerintah dalam mengurangi pernikahan anak usia dini dan dapat membantu mengurangi stunting disetiap Daerah khusus Kabupaten Lingga.

“Saya berharap setiap ada kompetisi pemilihan Duta Genre baik tingkat provinsi maupun nasional, seluruh masyarakat Kabupaten Lingga mendukung peserta yang mewakili Kabupaten Lingga, dan semoga menjadi yang terbaik pada ajang tersebut”. Tutup Baby Susanti

Turut hadir, Novian Andusti, SE. MT selaku Deputi Bidang KSPK, BKKBN RI, Yulius SKM Staff Ahli Bupati, Fazinawati, S.A.P selaku Sekretaris Dinas kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Siska Septianasari, Narasumber dan Dewan Juri dari BKKBN Provinsi Kepulauan Riau, Mughni Tenrynesia Putri J, S.Psi sebagai Juri, Srinawati selaku Anggota Tim Penggerak PKK, Camat Singkep dan seluruh Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga. (mk/willy)

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f