Prabowo Usulkan 4 Calon Menkeu Alternatif, Sri Mulyani Absen

Prabowo Subianto. (f: cnn)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Calon Presiden Prabowo Subianto tengah meneliti sejumlah kandidat potensial untuk posisi Menteri Keuangan dalam kabinetnya. Namun, menurut laporan, nama Sri Mulyani Indrawati tidak termasuk dalam daftar calon tersebut.

Bloomberg, media internasional asal Amerika Serikat, pertama kali melaporkan bahwa Sri Mulyani tidak akan dipertahankan sebagai Menteri Keuangan dalam kabinet Prabowo Subianto. Prabowo sedang mempertimbangkan beberapa tokoh dengan latar belakang perbankan untuk mengisi posisi tersebut. Prabowo ingin menemukan seorang teknokrat yang dapat menjaga stabilitas keuangan negara, menjaga kewaspadaan fiskal, dan memenuhi janji-janji kampanyenya.

Beberapa sumber dari Bloomberg menyebutkan bahwa Prabowo sedang mempertimbangkan setidaknya empat tokoh, termasuk Budi Gunadi Sadikin, Kartika Wirjoatmodjo, Mahendra Siregar, dan Royke Tumilaar. Keempatnya dianggap cocok karena keahlian finansial dan kepemimpinan yang mereka miliki. Namun, Prabowo dikabarkan tidak akan memperlakukan posisi Menteri Keuangan sebagai posisi politik, karena jabatan tersebut dianggap di atas politik dan memerlukan seseorang yang teliti dan piawai dalam mengelola anggaran negara.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa line-up calon Menteri Keuangan tersebut masih bisa berubah karena pembicaraan pembentukan kabinet masih dalam tahap awal. Pembicaraan diharapkan akan meningkat setelah Prabowo resmi dinyatakan sebagai pemenang Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum pada tanggal 20 Maret mendatang.

Piter Abdullah, Direktur Eksekutif Segara Research Institute, berpendapat bahwa siapapun yang nantinya menjadi Menteri Keuangan tidaklah penting. Menurutnya, Sri Mulyani telah melaksanakan tugasnya dengan baik, namun ada banyak tokoh lain yang juga mampu untuk mengisi posisi tersebut. Abdullah menegaskan bahwa tidak ada alasan untuk berprasangka bahwa tidak ada kandidat yang cocok untuk menggantikan Sri Mulyani.

Hingga saat ini, Tim Kampanye Nasional (TKN) Capres-Cawapres Prabowo-Gibran belum memberikan konfirmasi terkait isu ini. Eddy Soeparno, Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, menyatakan bahwa prioritas mereka saat ini adalah mengawal hasil Pemilu 2024, dan pembicaraan mengenai calon Menteri Keuangan masih akan dilakukan pada tahap yang lebih lanjut. MK-dtc

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f