KPU Lingga Musnahkan 610 Lembar Surat Suara Rusak dan Berlebih Pemilu 2024

Ketua KPU Lingga, Ardhi Aulya pimpin acara pemusnahan di halaman gudang Logistik KPU Lingga. (F:willy)

LINGGA (marwahkepri.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga memusnahkan sebanyak 610 lembar surat suara Pemilu 2024 yang diketahui rusak dan berlebih. Pemusnahan tersebut berlangsung di Halaman Gudang Logistik KPU Kabupaten Lingga, Selasa (13/02/2024).

Pemusnahan dengan cara dibakar dipimpin langsung oleh Ketua Komisioner KPU Lingga, Ardhi Aulya dan turut disaksikan oleh Bawaslu Lingga, Satpol PP, Polsek Daik, Kesbangpol.

Ketua KPU Lingga mengatakan pemusnahan surat suara rusak dan berlebih merupakan sebuah keharusan yang tertuang dalam Peraturan dan Ketentuan yang berlaku.

“Jadi sesuai arahan dari KPU RI melalui regulasi UU no 7 tahun 2017 tentang pemilu, PKPU nomor 14 tahun 2023 tentang pengelolaan logistik, KPT KPU RI no 1395 tahun 2023 tentang juknis pengelolaan logistik. Maka kami KPU Kabupaten Lingga melakukan pemusnahan surat suara tersebut hari ini,” Kata Ardhi.

Pihaknya merinci, dari 610 surat suara pemilu yang dimusnahkan tersebut, sebanyak 9 lembar merupakan surat suara presiden, surat suara DPR RI 47 lembar, surat suara DPD 21 lembar, DPRD Provinsi 286 lembar, dan DPRD Kabupaten 247 lembar.

Menurut dia, surat suara rusak yang dimusnahkan tersebut ditemukan saat proses penyortiran dan pelipatan lalu. Adapun, pemusnahan surat suara rusak tersebut penting dilakukan. Selain telah sesuai dengan ketentuan KPU-RI, juga bertujuan agar tidak disalahgunakan pada saat pemilu.

“Jadi kami musnahkan dengan cara dibakar, ini tentu untuk meminimalisir adanya tindakan kecurangan, karena kami juga komitmen menghindari upaya-upaya sesuatu yang tidak diinginkan,” jelas dia.

Sebagaimana diketahui, adapun beberapa kategori surat suara rusak Pemilu 2024 yang dimusnahkan antara lain, surat suara sobek, terlipat, terpotong, gambar buram, terbelah pada cetakan, dan noda tinta atau kotor di area kolom surat suara. (mk/willy)

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f