Menteri Sandiaga Uno: Usulan Bebas Visa Kunjungan Kepri Sudah di Meja Menteri Keuangan

Menparekraf Sandiaga Uno menyambut wisatawan mancanegara pertama tahun 2024 Provinsi Kepulauan Riau di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Lagoi, Kabupaten Bintan, Senin (1/1/2024). (Foto: ulasan)

BINTAN (marwahkepri.com) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan jika usulan bebas visa kunjungan (Visa on Arrival/VoA) yang diajukan Pemprov Kepri telah berada di meja Menteri Keuangan.

“Semoga bisa terwujud sehingga menjadi kado tahun baru untuk Kepulauan Riau,” ujar Menteri Sandiaga Uno usai menyambut wisatawan mancanegara pertama tahun 2024 Provinsi Kepulauan Riau di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Lagoi, Kabupaten Bintan, Senin (1/1/2024).

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad sebelumnya terus mendorong pemerintah pusat untuk menghapus kebijakan Visa on Arrival bagi wisatawan yang mengunjungi Kepri.

Menurut Gubernur Ansar, jika Kepri ingin kembali menjadi primadona pariwisata di Indonesia usai pandemi COVID-19, kebijakan Visa on Arrival mesti segera diputuskan.

Jika tidak memungkinkan VoA untuk dinihilkan, short visit visa dengan biaya lebih rendah bisa menjadi opsi untuk menambah ketertarikan wisatawan asing mengunjungi Kepri. Pasalnya rata-rata waktu wisata turis di Kepri hanya 3 sampai 4 hari,

Adapun berdasarkan data Badan Pusat Statistik, kunjungan wisman ke Kepri sampai akhir Desember 2023 tembus di angka 1,5 juta. MK-rah

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f