Peringatan HUT Armada RI ke-78 di Lanal Tarempa, Membangun Kekuatan Laut Nusantara

Foto bersama usai memperingati HUT Armada RI ke-78, Selasa (5/12/2023). (Foto: darwin)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Markas Komando Lanal Tarempa sukses menyelenggarakan sejumlah kegiatan dan upacara di Lapangan Napoleon pada Selasa (5/12/2023) dalam rangka memperingati Hari Armada Republik Indonesia yang ke-78.

Pgs. Palaksa, Kapten Laut (S) M Sugianto, memimpin upacara sebagai inspektur upacara dengan tema “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju.”

Sugianto membacakan sejarah singkat Armada TNI AL dan menyampaikan Amanat Kepala Staf AL, Laksamana TNI Muhammad Ali.

Dalam amanatnya, Sugianto menekankan pentingnya TNI AL untuk terus meningkatkan kekuatan dan kemampuannya seiring dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis saat ini.

“TNI AL harus terus meningkatkan kekuatan dan kemampuannya seiring dengan perkembangan lingkungan strategis saat ini,” ucapnya.

Ia menegaskan bahwa Prajurit Jalasena Armada perlu bersifat adaptif dan responsif terhadap berbagai potensi ancaman, baik yang bersifat tradisional maupun non-tradisional, guna menjaga keamanan dan kedaulatan negara di laut.

“Keberadaan armada yang handal bukan hanya sebagai simbol kekuatan, melainkan juga sebagai komitmen TNI AL dalam melaksanakan tugas dan perannya,” tambah M. Sugianto.

Selain upacara, Lanal Tarempa turut menggelar bakti sosial (baksos) pengobatan massal di Desa Belibak Kampung Bahari Nusantara. Kegiatan ini dipimpin oleh Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Ibni Jauhari, yang diikuti oleh Ketua dan Pengurus Cabang 3 Korcab IV DJA beserta seluruh Prajurit, PNS, dan Pengurus Jalasenastri Lanal Tarempa.

Baksos tersebut mencerminkan pendekatan yang holistik terhadap kesejahteraan masyarakat setempat, memperkuat ikatan antara TNI AL dan komunitas, serta menunjukkan komitmen Lanal Tarempa dalam mendukung pembangunan serta kesejahteraan masyarakat sekitar. MK-darwin

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f