Lomba Ketahanan Pangan di Kepulauan Anambas Dorong Kreativitas Masyarakat

Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba ketahanan pangan di Gedung BPMS Tarempa, Kamis, (16/11/2023). (Foto: darwin)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Anambas, bekerjasama dengan Gerakan Perempuan Peduli Pangan (Garpu Pangan) menggelar lomba kegiatan ketahanan pangan yang sukses di enam desa dari dua kecamatan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan ini, yang mendapat apresiasi tinggi dari pemerintah kabupaten, difokuskan pada peningkatan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan kosong yang tidak produktif guna menghasilkan pangan yang cukup dan bergizi.

Puncak kegiatan ini ditandai dengan penyerahan simbolis bibit cabe oleh Bank Indonesia kepada kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kepulauan Anambas di Gedung BPMS Tarempa, Kamis (16/11/2023).

Kepala DPPP Kabupaten Kepulauan Anambas Rovaniyadi, menyampaikan bahwa lomba ketahanan pangan melibatkan peserta dari enam desa, yaitu Kelurahan Tarempa, Desa Tarempa Barat, Desa Pesisir Timur, Desa Teluk Sunting, Desa Teluk Siantan, dan Desa Air Asuk. Penilaian dilakukan berdasarkan pencanangan menanam di pekarangan pada 17 Mei 2023, dengan penilaian pada 8 dan 11 November 2023.

Pemenang lomba ketahanan pangan ini adalah PKK Kelurahan Tarempa sebagai juara pertama, PKK Desa Teluk Siantan sebagai juara kedua, dan PKK Desa Air Asuk sebagai juara ketiga.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan apresiasi pemerintah daerah terhadap upaya ini dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat di tengah kondisi global yang tidak stabil.

Wan Zuhendra mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan di sekitar rumah guna menanam tanaman seperti cabe dan sayuran sebagai langkah konkret menjaga ketersediaan pangan di tingkat rumah tangga.

“Tetap dijalankan dengan baik dan bukan hanya sekadar seremonial,” pesan Wan Zuhendra kepada DPPP, menekankan pentingnya pembinaan yang rinci agar inisiatif ini dapat berkembang dan memberikan manfaat luas bagi masyarakat dalam rangka mendukung kesadaran akan pola makan seimbang, juga dilaksanakan kampanye program makanan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA). MK-darwin

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f