Upaya Turunkan Angka Stunting, Dinkes Natuna Terus Lakukan Sosialisasi Agar Masyarakat Peka!

Wan Siswandi

Bupati Natuna Wan Siswandi, ketika dikonfirmasi awak media.(foto : zani)

NATUNA (marwahkepri.com) – Bupati Natuna Wan Siswandi, mengatakan Pemerintah Kabupaten Natuna cukup serius dalam upaya melakukan penurunan angka stunting.

Hal ini dikatakan Wan Siswandi, ketika dijumpai awak media di Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu (25/10/2023) pagi.

“Berbagai pihak harus berperan agar mencapai hasil maksimal,” kata Wan Siswandi.

Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna. (Foto: zani)

Kemudian lanjut dia, harus bekerjasama agar kasus ini berkurang, karena stunting di Natuna sejak Februari 2023, berkisar 13,94 persen dan masih dibawah target nasional yaitu 14 persen.

Sementara pada hari yang sama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Natuna, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Syarifah Maryam, saat ditanyai marwahkepri.com, mengaku pihaknya telah menjalankan program stunting seperti memberikan pelayanan bagi ibu hamil, imunisasi dan pemberian makanan tambahan untuk anak dengan gizi buruk.

“Upaya kita tidak hanya dengan memberikan aksi nyata, tetapi juga dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui program RRI sehat serta menggandeng pihak Puskesmas,” sebut Maryam, di ruang kerjanya.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Syarifah Maryam ditemui awak media Rabu (25/10/2023) di ruang kerjanya. (Foto: zani)

Sosialisasi yang dilakukan agar masyarakat lebih peka terhadap perkembangan tumbuh anak, sehingga dapat mengontrol pola kembang anak.

Maryam mengaku, ujung tombak dalam memerangi angka stunting adalah puskesmas.

“Seperti pemberian tablet tambah darah, kelas ibu hamil, pemberian gizi anak berbasis lokasi selama 90 hari, dengan pelaksanaan kegiatan ini kita berharap angka stunting di Natuna bisa ditekan,” pungkasnya. MK-Zani (adv)

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f