Dua Kapal Berbendera Vietnam Ditangkap, Sudah Curi Ikan selama 17 Tahun di Laut Natuna

Dua kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam ditangkap karena diduga mencuri ikan di laut Natuna, Minggu (22/10/2023). (Foto: mun)

BATAM (marwahkepri.com) – Kapal patroli Korpolairud Baharkam KP Bisma-8001 menangkap dua kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam karena melakukan pencurian ikan di laut Natuna. Kapal tersebut ternyata sudah beroperasi mencuri ikan selama 17 tahun.

“KP Bisma 8001 mengamankan dua kapal ikan berbendera Vietnam. Kapal ikan tersebut tersebut KG 95514 TS dan KG 94793 TS. Setelah dilakukan pemeriksaan dua kapal ikan berbendera Vietnam itu tidak memiliki dokumen sah yang diatur undang-undang,” kata Kasubdit Gakkum Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Kombes I Wayan Supartha Yadnya di Batam Rabu (25/10/2023).

Kedua kapal ikan Vietnam itu ditangkap di koordinat 04⁰00.0’LU-104⁰50.5′ BT pada Minggu (22/10/2023). Kemudian dua kapal itu dibawa ke Batam untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Hasil pemeriksaan dua kapal itu berisikan 41 orang anak buah kapal, itu termasuk dua orang nakhoda. KP Bisma juga kemudian mengamankan 2 jaring pear trawl. Dalam kedua kapal itu juga ditemukan 650 kg ikan campuran,” ujarnya.

Polisi kemudian menetapkan dua nakhoda kapal sebagai tersangka tindak pidana ilegal fishing. Hasil pemeriksaan juga diketahui ikan hasil tangkapan kedua kapal itu akan dibawa ke Vietnam.

“Nakhoda KG 95514 TS bernama Ha Van Khoi dan nakhoda KG 94793 TS bernama Dang Van Binh ditetapkan tersangka oleh penyidik. Untuk kedua nakhoda kapal ikan asing itu dijerat UU perikanan. Keduanya terancam hukuman kurungan penjara 8 tahun dan denda maksimal Rp 15 miliar,” ujarnya.

Supartha menyebut bahwa kedua kapal ikan berbendera Vietnam itu mengganti dan mematikan kode AIS Indonesia berulang kali untuk mengelabui kejaran petugas.

“Jadi mereka sengaja mengganti atau mematikan kode AIS saat memasuki perairan Indonesia. Kedua kapal itu diketahui telah beroperasi selama 17 tahun,” ujarnya.

Akibat ilegal fishing kedua kapal itu, polisi memperkirakan kerugian negara mencapai Rp 288 miliar. Itu berdasarkan lamanya kedua kapal tersebut beroperasi melakukan penangkapan ikan ilegal di perairan Indonesia.

Untuk proses lebih lanjut penanganan kasus dua kapal ikan asing itu akan diserahkan kepada PSDKP Batam. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f