NATUNA (marwahkepri.com) – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopum) kabupaten Natuna, membangun Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) tahun 2023.

Pembangunan PLUT dimaksudkan untuk mendukung kegiatan layana Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) meliputi :

Tempat layanan konsultasi bisnis dan pendampingan usaha dari para pelatih kepada pelaku UMKM, tempat inkubasi bisnis untuk para UMKM untuk naik kelas,Coworking space yang dimanfaatkan sebagai wadah bertemunya pelaku-pelaku UMKM untuk mendiskusikan ide bisnis dan pengembangan usaha, dan sebagai sarana pelatihan teknis bagi calon-calon wirausaha sesuai bidangnya.

Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan, Agustian mengatakan, pembangunan PLUT Natuna menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perindustrian Perdagangan (Kemenperindag) tahun 2023 sebesar Rp 5,5 milyar.

“PLUT adalah pusat layanan usaha terpadu, pemanfaatan adalah untuk pelatihan bagi UMKM terkait dengan kelembagaan, standar produk,” ujarnya dikonfirmasi, Senin 11 September 2023.

Masih kata Agustian, saat ini progres  pembangunan PLUT sudah mencapai 43 persen, berada di Masjid Agung Natuna (Komplek Natuna Gerbang Utaraku).

Pembangunan sudah dimulai sejak bulan Juni 2023, pemenang tender adalah CV Fortuna Bintan, beralamat di Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Bintang, dengan harga penawaran Rp 4.518.063.701,57 (empat milyar lima ratus delapan belas juta enam puluh tiga ribu tujuh ratus satu rupiah lima puluh tujuh sen).

Dengan adanya PLUT, diharapakan dapat menjadi tempat layanan konsultasi bisnis dan pendampingan usaha, tempat inkubasi bisnis, coworking space, sarana pelatihan teknis dan pemasaran produk UMKM binaan, dan sebagai layanan perizinan dan sertifikasi.MK-nang

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f