Bupati Natuna Wan Siswandi berfoto bersama penghargaan Indonesia Awards 2023 dalam kategori Special Recognition of Outstanding Initiative. (Foto: humas)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Pemerintah Kabupaten Natuna meraih penghargaan Indonesia Awards 2023 dalam kategori Special Recognition of Outstanding Initiative.

Penghargaan Indonesia Awards 2023 diterima langsung oleh Bupati Natuna Wan Siswandi, di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Penghargaan bergengsi tersebut diberikan berkat kesigapan Pemkab Natuna dalam menangani berbagai krisis bencana salah satunya seperti sigap menangani bencana tanah longsor di Kecamatan Serasan yang terjadi Senin (6/3/2023) lalu.

Menurutnya, penghargaan tersebut adalah sebuah apresiasi untuk semua yang terlibat dalam memberikan pertolongan terhadap masyarakat Serasan yang terkena musibah longsor. Dibalik penghargaan tersebut, dirinya mengaku masih merasakan duka yang dalam atas musibah tersebut.

“Saya berterima kasih kepada TNI Polri, DPRD dan Basarnas, kepada masyarakat Natuna serta yang terlibat semuanya, karena pada kejadian bencana kemarin semua bekerja dengan baik, kementerian atau lembaga juga membantu dengan sangat cepat dan sekarang sudah terkendali dengan baik,” ungkapnya.

Akibat bencana tersebut, Pemkab Natuna mengerahkan seluruh komponen dan stakeholder daerah untuk menangani bencana yang telah melenyapkan lebih dari 28 rumah tertimbun material longsoran dan mengakibatkan korban jiwa diantaranya 54 korban meninggal dunia dan sembilan korban hilang.

Langkah sigap yang dilakukan Pemkab Natuna dengan melakukan pendataan dan survei lokasi tempat untuk melakukan relokasi korban selamat dalam bencana tersebut. Diketahui Pemkab Natuna telah merelokasi 100 KK yang tinggal di wilayah longsor, ke tempat yang baru, sehingga masyarakat bisa langsung mendapatkan lokasi tinggal baru. MK-nang

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f