IFRAME SYNC

Raksasa Teknologi Tertipu: Penipu China Rugikan Apple hingga Rp 200 Miliar

(F: Ist)

Marwahkepri.com – Sebuah kelompok penipu asal China berhasil mengelabui perusahaan sebesar Apple dengan modus yang cukup sederhana. Mereka memanfaatkan kebijakan pengembalian produk dari Apple dengan mengajukan pengembalian 16.000 unit iPhone dan iPad palsu buatan China.

Setelah mengembalikan barang palsu, mereka menukarnya dengan perangkat asli yang kemudian dijual untuk mendulang keuntungan. Identitas kelima penipu telah terungkap, dan mereka didakwa mencuri produk asli Apple dengan nilai total US$ 12,3 juta atau setara Rp 199,5 miliar.

Jaksa Amerika Serikat Martin Estrada menjelaskan, “Para terdakwa dituduh memanfaatkan kebijakan layanan pelanggan Apple untuk mencuri barang dagangan senilai lebih dari $12,3 juta.” Jika terbukti bersalah, mereka dapat menghadapi hukuman maksimal 20 tahun penjara untuk setiap konspirasi penipuan, serta 2 tahun penjara untuk tuduhan pencurian identitas. Selain itu, mereka juga bisa dikenai hukuman hingga 10 tahun di bawah tuduhan konspirasi untuk memperdagangkan barang palsu.

Para penipu diduga bekerja sama dengan rekan di China untuk mendapatkan produk Apple palsu. Mereka mengembalikan lebih dari 10.000 iPhone palsu buatan China sebelumnya pada 2019 dan menipu Apple sekitar $6,1 juta. Lebih dari 10 Apple Store di berbagai wilayah California selatan menjadi korban modus penipuan mereka.

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f