IFRAME SYNC

Presiden Jokowi: IKN Diproyeksikan Menjadi Ibu Kota Terhijau di Dunia

Presiden Jokowi: IKN Bakal Jadi Ibu Kota Terhijau Dunia. (F: detik)

JAKARTA (Marwahkepri.com) – Presiden Joko Widodo menyampaikan visi bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki potensi menjadi salah satu kota terhijau terbesar di dunia, asalkan tetap memegang konsep awal pembangunan.

Dalam acara peresmian Rakernas Apeksi ke-XVII yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (4/6), Jokowi menegaskan, “Termasuk nantinya IKN itu akan menjadi ibu kota konsepnya ibu kota terhijau di dunia karena konsepnya kota nusa rimba, betul-betul hijau betul.”

Ia juga mengapresiasi upaya kota-kota seperti Balikpapan dan Surabaya yang telah mengusung konsep hijau, dan meminta kota-kota lainnya di Indonesia untuk mengikuti langkah dua kota tersebut.

Presiden Jokowi menekankan bahwa pembangunan kota di Indonesia tidak boleh semata-mata membangun beton. Menurutnya, kota harus dibangun dengan mengutamakan pejalan kaki dan kelestarian lingkungan. “Jangan sampai membangun kota semakin banyak beton yang didirikan. Ada trotoar semua paving blok semua. Ada mestinya penggunaan paving grass akan lebih hijau,” katanya.

Dia juga menyarankan agar pemerintah daerah merancang ulang kota jika terlalu banyak gedung. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan mengambil alih dan merobohkan gedung-gedung.

Lahan bekas gedung-gedung tersebut kemudian bisa dimanfaatkan untuk kepentingan publik, seperti taman kota atau alun-alun. “Mungkin memangkas beberapa gedung, dibeli, dipangkas, dijadikan taman kota. Tidak ada jalan lain kalau sudah terlanjur,” tandasnya.(mk/cnn)

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f