IFRAME SYNC

BI Peringatkan Ketidakpastian Ekonomi dan Inflasi Tinggi di 2024

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo. (F: Ist)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Bank Indonesia (BI) memperingatkan bahwa ketidakpastian ekonomi masih tinggi di masa depan. Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan bahwa perekonomian global diperkirakan akan tumbuh sebesar 3,1% pada tahun 2024, sama seperti tahun ini.

“Ekonomi global tahun depan itu juga masih tidak pasti,” ungkap Perry Warjiyo dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, Selasa (4/6/2024).

Selain itu, Perry juga menyoroti masalah inflasi global yang masih tinggi. Meskipun banyak negara telah menaikkan suku bunga acuan, inflasi tetap sulit turun ke level yang aman.

Perry menyebutkan bahwa bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (the Fed), diperkirakan akan menurunkan suku bunga acuan pada akhir tahun. “Ini membuat ketidakpastian kenapa DXY masih sangat kuat,” jelasnya. Tingginya suku bunga obligasi pemerintah AS akibat inflasi dan utang yang tinggi dapat berdampak pada penerbitan surat utang pemerintah Indonesia.

Masalah lain yang menjadi sorotan adalah tensi geopolitik. “Itu akan berdampak ke ekonomi Indonesia. Kita harus kerja keras untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang stabil,” papar Perry.(mk/cnbc)

 

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f