IFRAME SYNC

Dewan Nasional Setujui Pembentukan Tiga KEK Baru, Salah Satunya di Batam

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: info indonesia)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) telah menyetujui usulan pembentukan tiga KEK baru yakni KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam, KEK di BSD Tangerang dan KEK di Morowali.

Pengesahan ini dilakukan dalam sidang pada Rabu (29/5/2024), dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Dewan Nasional KEK.

Sidang Dewan Nasional KEK ini dihadiri oleh berbagai pejabat terkait, termasuk Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Wakil Menteri Kesehatan, Bupati Tangerang, Wakil Kepala Badan Pengusahaan Batam, serta perwakilan dari berbagai kementerian dan lembaga terkait.

Airlangga Hartarto menyatakan bahwa ketiga usulan ini akan direkomendasikan kepada Presiden untuk ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP). Dewan Nasional KEK menargetkan total investasi mencapai Rp 161 triliun dari ketiga KEK baru ini.

Airlangga Hartarto menekankan pentingnya pengawasan dan pemantauan untuk memastikan keberlangsungan dan perkembangan ketiga KEK baru ini. Pemerintah pusat dan daerah diharapkan dapat memonitor realisasi investasi secara efektif.

“Kami menekankan pentingnya melakukan monitoring pada KEK untuk memantau realisasi investasinya. Saya minta ke depannya pemerintah dan pemerintah daerah memonitor realisasi investasi tersebut,” ujar Airlangga.

Ketiga KEK baru ini diharapkan dapat mendorong daya saing Indonesia, meningkatkan perekonomian wilayah, dan menciptakan lapangan kerja baru melalui berbagai fasilitas dan kemudahan yang telah diberikan. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f