IFRAME SYNC

Kenaikan UKT Dibatalkan, Nadiem Makarim Evaluasi Ulang kebijakan Usai Bertemu Presiden Jokowi

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dipanggil ke Istana Kepresidenan. Foto/Raka Dwi Novianto.

JAKARTA (marwahkepri.com) – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memastikan bahwa kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) telah dibatalkan setelah bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nadiem menyatakan bahwa setelah mendengar keluhan dari berbagai pihak, pihaknya akan mengevaluasi ulang kenaikan UKT di berbagai perguruan tinggi negeri.

“Tidak ada mahasiswa yang akan terdampak dengan kenaikan UKT tersebut untuk tahun ini,” kata Nadiem usai pertemuan dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta.

Kemendikbudristek juga akan mengevaluasi satu per satu permintaan PTN untuk menaikkan UKT tahun depan, dengan memastikan bahwa kenaikan UKT dilakukan dengan hati-hati dan berdasarkan asas keadilan dan kewajaran.

Meskipun enggan memberikan komentar lebih lanjut mengenai UKT, Nadiem memilih untuk tidak menanggapi pertanyaan wartawan dan meninggalkan Istana. Dia juga tidak mengungkap arahan Jokowi terkait UKT, hanya mengulangi pernyataannya yang disampaikan dalam rapat kerja dengan DPR.

Sebelumnya, kenaikan tarif UKT telah memicu polemik di berbagai perguruan tinggi negeri dan memicu aksi unjuk rasa mahasiswa menolak kenaikan tersebut. Polemik ini membuat DPR memanggil Nadiem untuk dimintai penjelasan terkait kebijakan tersebut. MK-cnn

Redaktur : Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f