Jokowi Minta Prabowo-Gibran Siapkan Program yang Dikampanyekan

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (F: detik)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, meminta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk segera mempersiapkan program-program yang telah mereka kampanyekan setelah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jokowi ingin agar Prabowo-Gibran dapat segera mengimplementasikan program-program tersebut setelah mereka dilantik menjadi presiden dan wakil presiden pada Oktober 2024.

“Hari ini juga KPU menetapkan. Artinya apa? Presiden dan wakil presiden terpilih harus mempersiapkan diri dengan perencanaan-perencanaan yang sudah dikampanyekan, untuk masuk nanti setelah pelantikan langsung kerja,” kata Jokowi kepada wartawan di ICE BSD, Tangerang Selatan, pada Rabu (24/4/2024).

Jokowi menjelaskan bahwa tahapan Pilpres 2024 hampir selesai setelah penetapan presiden dan wakil presiden terpilih. Dia juga menyatakan bahwa putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan hasil Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 adalah final dan mengikat.

“Ya ini kan tahapan proses itu kan sudah hampir selesai semuanya. MK sudah, kita harus menghormati putusan MK sebagai sebuah putusan yang final dan mengikat,” ujarnya.

Terkait pembentukan tim transisi ke pemerintahan baru, Jokowi menyatakan bahwa tim tersebut akan dibentuk apabila diminta oleh Prabowo-Gibran. Namun, dia menegaskan bahwa pihaknya akan memberikan dukungan agar transisi ke pemerintahan baru dapat berjalan dengan lancar.

“Ndak, ndak, ndak. Kita itu menyiapkan agar transisinya itu bisa berjalan mulus dan baik sehingga presiden dan wakil presiden terpilih bisa langsung bekerja setelah dilantik. Kalau itu juga diminta dari presiden dan wakil presiden terpilih,” jelas Jokowi. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f