Bupati Natuna : Aksesbilitas Laut Menjadi Kebutuhan Dasar Wilayah Perbatasan

Pemotongan pita oleh Gubernur didampingi Bupati Natuna dan pejabat lainnya.(foto/saida)

NATUNA (marwahkepri.com) – Bupati Natuna Wan Siswandi, mendampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam peresmian pelabuhan pengumpan regional Ranai, yang dilaksanakan di pelabuan RoRo Penagi, Rabu 17 Januari 2024.

Peresmian ini merupakan bentuk selesai dilaksanakannya rehabilitasi gedung Pelabuhan Regional Penagi menggunakan dana alokasi ( DAK) dengan total nilai pembangunan Rp 15.044.644.000,- dengan beberapa rehabilitasi fasilitas Pelabuhan Penagi, meliputi :

1. Rehabilitasi Trestle

2. Rehabilitasi Dermaga

3. Rehabilitasi LPJU TS

4. Rehabilitasi Fender

5. Rehabilitasi Gudang

6. Rehabilitasi Gedung Terminal

7. Rehabilitasi Kanopi

Gubernur Kepri menyerahkan maket pembangunan pelabuhan apung kepada Kadishub Natuna.

Bupati Natuna Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan rehabilitasi pelabuhan adalah salah satu prioritas daerah Kepulauan l, karena akses transportasi laut memiliki banyak peran dalam pembangunan daerah perbatasan.

“Sebagai daerah Kepulauan diperbatasan, akasesbilitas laut menjadi satu satunya transpotasi yang digunakan masyarakat sebagai transportasi keluar daerah, serta akses pengiriman bahan kebutuhan pokok dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga Pelabuhan yang memadai sangat mendukung mobilitas kehidupan masyarakat Kabupaten Natuna,” ucap Siswandi.

Siswandi juga berharap sinergi pemerintah daerah dan provinsi dapat terus berjalan searah dalam membangun daerah perbatasan, yang tentunya berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

Sementara tu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam sambutannya menyampaikan, sebagai wilayah kepulauan, infrastruktur laut menjadi prioritas pembangunan.

Bupati Natuna memberikan aplus usai pemotongan pita.

“Infrastruktur laut terus kita dukung di wilayah wilayah Kepulauan agar aksesbiltas penghubung antar pulau menjadi lebih mudah,” ucapnya.

Menurutnya, pemerintah provinsi Kepri terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menjalankan program pembanguan, sehingga program pembangunan dapat sejalan dan sesuai dengan kebutuhan daerah setempat.

Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Gubernur Kepulauan Riau didampingi Bupati Natuna, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan langsung gedung Pelabuhan oleh Gubernur beserta Bupati Natuna dan Wakil Bupati serta rombongan provinsi Kepulauan Riau.MK-Saida/advetorial 

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f