PT Pertamina akan Selesaikan Mega Proyek RDMP Balikpapan pada April 2023

Ilustrasi kilang minyak baru RI. (f: net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – PT Pertamina (Persero) berencana menyelesaikan mega proyek pengolahan minyak, yaitu Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan, Kalimantan Timur, pada April 2024. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengungkapkan bahwa proyek ini akan meningkatkan kapasitas pengolahan minyak mentah di kilang eksisting hingga 360 ribu barel per hari (bph), menjadikannya kilang terbesar di Indonesia.

Proyek RDMP Balikpapan tidak hanya meningkatkan kapasitas, tetapi juga meningkatkan kualitas bahan bakar minyak (BBM) dengan menurunkan kandungan sulfur hingga 99%, setara dengan standar Euro V. Tahap ini diharapkan selesai pada November 2024. RDMP Balikpapan, sebagai Proyek Strategis Nasional, juga diharapkan memberikan dampak positif dengan menyerap 20 ribu tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian lokal.

Meskipun proyek ini mencapai puncaknya pada 2025 dengan integrasi keseluruhan kilang, penyelesaian tahap pertama diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi Indonesia, terutama dalam hal kemandirian energi dan lingkungan. MK-Cnbc

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f