IFRAME SYNC

Menghindari Osteoporosis: Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang Menjaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi. (Foto: YesDok)

Jakarta (Marwahkepri.com) – Ketika berbicara tentang menjaga kesehatan tulang, minum susu bukan satu-satunya faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Sebaliknya, ada makanan dan minuman tertentu yang sebaiknya dihindari agar tulang tetap kuat dan sehat.

Spesialis ortopedi telah menjelaskan bahwa perlindungan dan kesehatan tulang tidak hanya bergantung pada asupan kalsium dan vitamin D, tetapi juga pada penghindaran konsumsi berlebihan yang bisa berdampak negatif pada tulang.

Dr. Liz Matzkin, seorang pengajar di Departemen Bedah Ortopedi Boston di Rumah Sakit Brigham di Boston, Amerika Serikat, menekankan pentingnya mengikuti dosis yang tepat untuk kalsium dan vitamin D berdasarkan usia Anda. Ia merekomendasikan dosis harian sekitar 1.000 mg kalsium dan 800-1.000 IU vitamin D untuk mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Namun, lebih dari itu bisa menjadi berbahaya. Selain itu, terdapat dua jenis minuman yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan tulang:

Alkohol: Meskipun ada pandangan yang berbeda mengenai manfaat dan risiko alkohol bagi jantung, minum alkohol secara berlebihan dapat merugikan kesehatan tulang. Dr. Matzkin mengingatkan bahwa konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi penting seperti kalsium, vitamin D, dan magnesium yang esensial untuk kesehatan tulang.

Minuman Berkafein: Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, soda, minuman energi, dan teh, juga perlu diwaspadai. Kafein telah terbukti meningkatkan kehilangan kalsium dan mengurangi penyerapan kalsium oleh tubuh, yang pada akhirnya dapat berdampak negatif pada kesehatan tulang. Sebagai alternatif, pertimbangkan untuk mengonsumsi kopi rendah kafein atau memilih teh, atau lebih baik lagi, minum air putih untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Mengingat peran penting hormon seks seperti testosteron pada pria dan estrogen pada wanita dalam menjaga kesehatan tulang, menghindari alkohol dan minuman berkafein berpotensi membantu menjaga kadar hormon tersebut tetap seimbang. Tetap berpegang pada pola makan yang seimbang dan sehat juga akan mendukung kesehatan tulang yang optimal.(mk/Tempo)

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f