IFRAME SYNC

Siap-siap, Pertamina Berencana Hapus Pertalite Tahun Depan

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan PT Pertamina (Persero) akan terus melanjutkan Program Langit Biru pada tahun depan. (Foto: net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan PT Pertamina (Persero) akan terus melanjutkan Program Langit Biru pada tahun depan.

Pada program Langit Biru tahap pertama, BBM subsidi mengalami naik dari RON 88 menjadi RON 90, yang kemudian Premium diganti jadi Pertalite.

Pada Program Langit Biru tahap dua, BBM subsidi akan naik dari RON 90 ke RON 92. Itu artinya Pertalite akan lenyap.

“Ini kita lanjutkan sesuai dengan rencana program Langit Biru tahap dua di mana BBM subsidi kita naikkan dari RON 90 ke RON 92,” katanya di Komisi VII Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Pada kesempatan itu, Nicke meminta dukungan Komisi VII karena pada tahun depan Pertamina akan mengeluarkan produk Pertamax Green 92. Produk ini merupakan Pertalite yang dicampur etanol.

“Oleh karena itu 2024 mohon dukungannya juga kami akan mengeluarkan lagi yang kita sebut Pertamax Green 92, sebetulnya ini Pertalite kita campur dengan etanol, naik oktannya dari 90 ke 92,” ujarnya.

Dengan begitu, pada tahun depan Pertamina hanya menjual tiga produk yakni Pertamax Green 92, Pertamax Green 95 dan Pertamax Turbo.

“Pertamax Green 92 dengan mencampur (RON) 90 dengan 7 persen etanol kita sebut e7, kedua Pertamax Green 95 mencampur Pertamax dengan 8 persen etanol, ketiga Pertamax Turbo,” tuturnya. MK-mun/dtk

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f