IFRAME SYNC

Wan Zuhendra Tekankan Pentingnya Kualitas Pembina Pramuka untuk Generasi Muda Berkarakter

Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra membacakan naskah Sumpah Pelantikan Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Siantan Timur, Rabu (23/8/2023). (Foto: darwin)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kepulauan Anambas menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang ke-62 dengan khidmat di Lapangan Desa Nyamuk, Kecamatan Siantan Timur, pada Rabu (23/8/2023).

Dalam peringatan yang penuh makna ini, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, yang juga menjabat sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kepulauan Anambas, melantik dan mengukuhkan Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Siantan Timur.

Kehadiran para pramuka dari berbagai lapisan masyarakat memberikan semangat tersendiri dalam acara bersejarah ini.

Dalam sambutannya, Wan Zuhendra selaku pembina upacara mengatakan merujuk pada tanggal 14 Agustus 2023 yang menjadi tonggak usia 62 tahun Organisasi Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana (Pramuka), serta peringatan 111 tahun eksistensi Gerakan Kepanduan di Indonesia sejak tahun 1912.

“Saya berharap agar Gerakan Pramuka terus berjaya dan berkembang, turut serta dalam membantu masyarakat, menjalankan program-program pemerintahan, serta memajukan pendidikan nonformal dalam membentuk karakter generasi muda,” harap Wan Zuhendra.

Tema besar yang diusung dalam perayaan HUT Pramuka kali ini adalah “Mari Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”, sebuah panggilan untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan pendekatan yang lebih profesional, sekaligus memperkuat rasa cinta pada tanah air.

Wan Zuhendra secara tegas menekankan arti penting dari langkah ini, mengingat nilai-nilai kebangsaan harus terus dijaga dan ditanamkan dalam benak generasi muda.

“Di tengah dinamika tahun politik, Gerakan Pramuka diharapkan menjaga kesolidan sebagai garda terdepan dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Wan Zuhendra.

Lebih lanjut, Wan Zuhendra mendorong peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina Pramuka.

“Saya berharap semua tingkatan Kwartir dapat berkolaborasi dalam meningkatkan mutu gugus depan di wilayah masing-masing. Dengan semangat ini, Gerakan Pramuka diharapkan mampu terus berkontribusi nyata dalam membentuk generasi penerus yang tangguh dan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi,” tuturnya.

Dalam suasana yang penuh semangat dan haru, peringatan HUT Pramuka ke-62 ini tidak hanya menjadi pengingat akan perjalanan panjang Gerakan Kepanduan di Indonesia, tetapi juga menjadi titik awal yang baru dalam melangkah menuju masa depan yang lebih cerah dan penuh makna. MK-darwin

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f