IFRAME SYNC

Ini Daya Tarik Wisata di Kabupaten Natuna, Ada Pantai hingga Air Terjun

Keindahan pantai dan keunikan bebatuan granit berukuran raksasa di Pantai Batu Kasah. (Foto: net)

NATUNA (marwahkepri.com) – Kabupaten Natuna, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau dan merupakan kepulauan paling utara di selat Karimata.

Selain letaknya yang strategis, Pulau Natuna pada hakikatnya dikaruniai serangkaian potensi sumber daya alam yang mempesona.

Objek wisata seperti pantai, gunung, air terjun, gua dan budidaya mangrove siap memanjakan mata wisatawan yang berkunjung.

Untuk memudahkan wisatawan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad telah menetapkan destinasi pariwisata, kawasan strategis wisata dan daya tarik wisata Provinsi Kepri yang terletak di Kabupaten Natuna.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Kepri nomor 1263 Tahun 2022.

Gubernur Ansar menyebut pariwisata mempunyai peranan penting untuk memajukan kesejahteraan masyarakat, memeratakan kesempatan berusaha dan optimalisasi potensi ekonomi dan karakteristik daerah, mengangkat dan melindungi nilai-nilai budaya, agama, adat istiadat dan menjaga kelestarian alami.

“Bahwa dalam rangka pembangunan dan pengambangan pariwisata, diperlukan penentuan perwilayahan pariwisata dan daya tarik wisata agar pengembangan yang dilakukan dapat lebih terarah,” katanya di surat keputusan dengan nomor 1263 Tahun 2022.

Air Terjun Gunung Hiu di Bukit Durian, Desa Wisata Ceruk, Kabupaten Bunguran Timur Laut. (Foto: net)

Berikut daya tarik wisata di Kabupaten Natuna:

Pulau Senua

Pulau yang masuk ke wilayah Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur ini merupakan salah satu pulau terluar dan berbatasan langsung dengan sejumlah negara tetangga.

Topografinya berbukit dirimbuni pepohonan rindang, memiliki bebatuan granit di beberapa titik, serta hamparan pasir putih memanjakan mata.

Di salah satu puncak bukit bermama Tukong, berdiri tegak sebuah mercusuar. Berfungsi sebagai penuntun arah bagi kapal atau perahu nelayan yang melintas di perairan sekitar Senua.

Pada sebelah belakang, anda akan menemukan bagian curam terdiri dari bebatuan cadas dengan kemiringan hampir 80 derajat, namun memiliki permukaan yang rata.

Tingginya pun mencapai belasan meter sehingga cocok dijadikan area rock climbing. Sementara itu, di sela-sela bebatuan sisi bawah, anda bisa leluasa memilih tempat di mana pun untuk memancing.

Pantai Batu Kasah

Wisata Batu Kasah memiliki ciri khas bebatuan raksasa. Bebatuan berbagai bentuk dan ukuran mengapit kedua sisi pantai. Tersusun secara alami, semakin menambah indah objek wisata disana.

Batu Kasah semakin mempesona dengan keberadaan pantai yang putih dan bersih ditambah kejernihan air laut.

Mangrove Pering

Boardwalk Mangrove Pering memiliki panjang total lebih kurang 1 km. Boardwalk ini tidak hanya lurus, namun juga terdapat persimpangan. Panorama Mangrove Pering ini sudah bisa dilihat mulai dari awal boardwalk. Bagian kiri dan kanan boardwalk terdapat hutan mangrove yang subur dengan jenis pohon mangrove yang besar-besar.

Berjalan meniti boardwalk, kita dapati suasana alam yang tenang, memberi rasa yang nyaman untuk bersantai dari padatnya aktivitas. Ditambah lagi pada saat kita tiba di penghujung boardwalk, panorama mangrove dan laut memberi ketentraman tersendiri.

Air Terjun Gunung Hiu

Berada di Bukit Durian, Desa Wisata Ceruk, Kabupaten Bunguran Timur Laut, air terjun di tempat ini mengalir langsung dari batuan granit dan pepohonan yang menciptakan suasana sejuk dan indah.

Dua buah kolam renang juga ikut menambah keindahan di tempat wisata ini.

Mangrove Mekar Jaya

Berjarak sekitar 70 km dari Kota Ranai, dengan jarak tempuh kurang lebih 1jam 30 menit. Ada 900 meter jalur pejalan kaki di sepanjang bibir sungai hutan Mangrove .

Selain itu juga ada sejumlah gazebo dan beberapa spot foto. Akses jalan disekitar desa ini juga sudah diaspal dengan rapi. Wisatawan juga dapat menikmati makan siang dengan menu khusus kepiting  di Crab Resto nya.

Jadi tunggu apalagi, pesan tiket mu sekarang dan berwisata di Kabupaten Natuna. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f