IFRAME SYNC

Nikmati Wisata Bahari dengan Suasana Asri di Pantai Pongkar Karimun

Pantai Pongkar memiliki luas sekitar 100 hektar. (Foto: net)

KARIMUN (marwahkepri.com) – Berkunjung ke Karimun tidak afdol rasanya kalau tidak menjejaki Pantai Pongkar.

Pantai yang terletak di Desa Pongkar Kecamatan Tebing ini merupakan pantai elok yang dikenal memiiki bentangan pantai berpasir putih dan berpagarkan jajaran pohon cemara.

Dari Kota Tanjungbalai, pantai ini bisa digapai dalam waktu tak lebih dari setengah jam. Banyak mode transportasi yang bisa digunakan menuju ke sana seperti sepeda motor, bis atau taksi tanpa argo yang banyak mangkal di sekitar pelabuhan. Menyewa mobil juga bisa jadi alternatif, jadi Anda punya waktu banyak untuk menikmati pantai sekaligus bisa mampir ke Air Terjun Pongkar yang terletak tak jauh darinya.

Yang khas dari pantai ini adalah jajaran pohon cemara yang tumbuh di sepanjang punggung pantai. Hampir semua pohonnya, berbatang besar, tinggi dan memiliki dahan rindang. Pohon kelapa, tanaman khas yang biasa jadi pagar pantai, nyaris tidak terlihat di sana.

Di bawah rindang pepohonan cemara itulah, berjajar rapi tempat duduk terbuat dari semen. Letaknya, persis di sepanjang titik, batas antara kawasan berpasir dengan daratan. Seluruhnya menghadap ke arah laut. Area pas untuk duduk-duduk santai sembari menikmati terpaan angin pantai.

Sementara view depan pantai ini juga tak kalah menarik. Kalau berdiri di sisi-sisi mana pun di tepiannya, cobalah tebarkan pandangan ke arah depan, maka mata Anda akan dimanjakan oleh bentangan laut biru yang seolah tak berbatas. Satu dua kapal tangker yang berlabuh di laut lepas juga terlihat jelas. Menoleh agak kearah kiri, gamblang terlihat barisan bukit mengalun hijau yang tak lain adalah daratan Pulau Karimun Anak, pulau paling Utara di Kabupaten Karimun.

Jajaran pohon cemara membuat suasana Pantai Pongkar tampak asri. (Foto: wisatago)

Di sekitar lokasi juga terdapat kolam yang sepintas menyerupai danau kecil. Pengunjung yang datang biasanya memanfaatkannya untuk memancing atau sekedar duduk-duduk di tepiannya. Persis diatasnya terdapat sebuah panggung beraksitektur Melayu. Oleh penduduk setempat, panggung itu acap dijadikan area untuk menggelar beragam kegiatan, hiburan dan kesenian. Utamanya saat libur sekolah atau ketika ada pesta menyambut pergantian tahun.

Beberapa kedai makanan juga tersedia di pantai ini. Jadi Anda tak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah. Hanya memang, makanan dan minuman yang dijual terbatas pada menu-menu ringan seperti mie goreng, mie rebus atau nasi goreng. Saat-saat tertentu seperti hari libur atau akhir pekan, banyak juga penjual makanan yang menjajakan jagung bakar, kacang rebus, termasuk minuman khas pantai, kelapa muda.

Fasilitas lain di pantai ini adalah toilet dan kamar ganti. Dulu, ada juga penginapan sederhana namun kini sudah tak difungsikan lagi. Tapi itu tak jadi soal, kalau hendak bermalam atau berlama-lama menikmati pantai ini, anda bisa menginap di rumah-rumah penduduk (home stay). Atau cara paling praktisnya adalah dengan mendirikan tenda. Kalau memilih cara yang tersebut terakhir, persiapkan segala sesuatunya seperti tenda, lampu penerangan, tali temali, sleeping bag sebelum datang ya.

Pantai Pongkar sendiri telah ditetapkan oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad sebagai salah satu daya tarik wisata Provinsi Kepri di Kabupaten Karimun.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Raja Heri Mochrizal mengatakan, lokasi wisata Pantai Pongkar ini berada di tempat yang strategis dan mudah dijangkau.

“Jalan menuju Pantai Pongkar ini mulus dan lebar. Sebagai daerah wisata, pemerintah telah membenahi infrastruktur untuk mendukung pengembangan sektor kepariwisataan di desa tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, liburan ke Pantai Pongkar ini pilihan yang tepat mengingat suasana di sana yang nyaman dan pemandangannya juga bagus. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

 

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f