IFRAME SYNC

Pulau Dompak, Kawasan Pemerintahan dengan Beragam Destinasi Wisata

Jembatan satu Pulau Dompak menghubungkan Kota Tanjungpinang (Pulau Bintan) dengan Pulau Dompak. (Foto: net)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Pulau Dompak adalah salah satu pulau kecil yang berada di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Pulau kecil ini memiliki daratan relatif datar dan berbukit dengan luas sekitar 995 Hektar dan dikelilingi hutan bakau atau mangrove.

Kawasan Pulau Dompak ini adalah sebagai pusat pemerintahan Istana Kota Piring yang merupakan kawasan terpadu perkantoran Gubernur Kepulauan Riau dan Kantor DPRD Kepulauan Riau.

Tak hanya menjadi pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau saja, pulau itu kini juga menjadi tujuan relaksasi, wisata dan olahraga bagi warga.

Apalagi setelah Gubernur Kepri Ansar Ahmad menetapkan Pulau Dompak sebagai salah satu daya tarik wisata di Provinsi Kepri.

Penetapan itu tertuang dalam SK Gubernur Kepri Nomor 1263 tahun 2022 tentang, Destinasi Pariwisata, Kawasan Strategis Pariwisata dan Daya Tarik Wisata Provinsi Kepri.

Masjid Raya Nur Ilahi atuau yang lebih terkenal dengan nama Masjid Dompak. (Foto: net)

Berikut sejumlah lokasi wisata yang terdapat di Pulau Dompak:

Jembatan Satu Pulau Dompak

Jembatan sepanjang 1465 meter yang menghubungkan Kota Tanjungpinang (Pulau Bintan) dengan Pulau Dompak merupakan jembatan terpanjang yang ada saat ini di Kepulauan Riau.

Jembatan ini dihiasi taman di sisi kiri dan kanan. Media jalan ditanami rumput, pohon-pohon yang indah dan bola-bola kecil dari campuran semen yang pada sisinya tergambar pulau-pulau kecil di Kepri.

Masjid Raya Kepri

Masjid Raya Nur Ilahi yang lebih terkenal dengan nama Masjid Dompak ini terletak diatas bukit dan memiliki menara setinggi kurang lebih 60 meter sehingga menyuguhkan pemandangan yang indah. Kita bisa melihat laut lepas dan Kota Tanjungpinang. Mesjid ini memiliki fasilitas yang lengkap, dari aula, asrama, puluhan kamar mandi dan taman yang luas.

Pantai Tanjung Siambang dan Pantai Setumu

Lokasinya berada tepat di belakang Kantor Gubernur Kepri. Warga sekitar sering menjadikan lokasi tersebut untuk menyaksikan sunset.

Karakter air lautnya yang tenang dan dangkal membuat pantai itu cukup aman bagi anak-anak. Ditambah lagi, dengan deretan pohon kelapa yang tumbuh tinggi di sepanjang pantai, membuat nuansa cantik keindahan alam terpancar jelas di sana.

Tugu Tri Matra

Di tugu yang dibangun oleh Kogabwilhan I ini terdapat tiga alat utama sistem pertahanan (alutsista) milik TNI, yakni tank AMX 13, pesawat F5 dan Replika KRI Matjan Tutul.

Tugu ini pun kini menjadi salah satu tempat favorit bagi warga Kota Tanjungpinang untuk menghabiskan waktu.

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f