IFRAME SYNC

Desa Tanjung Berlian Barat Berpotensi bagi Pengembangan BUMDES

Kundur (Marwah Kepri) – Kecamatan Kundur Utara, yang meliputi satu kelurahan (Kelurahan Tanjung Berlian Kota) dan empat desa, merupakan salah satu kontributor utama Pendapatan Asli Daerah, terutama dari sektor perkebunan karet dan pertanian lainnya. Di tengah kondisi yang memadai tersebut, Desa Tanjung Berlian Barat menunjukkan potensi yang menarik dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Ketua BUMDES, Kaharuddin, menyampaikan kepada media (1/6) bahwa BUMDES ini telah dibentuk dan dilantik oleh Kepala Desa pada tahun 2022 lalu. Meskipun mendapat bantuan awal dari sisa anggaran tahun tersebut, BUMDES Tanjung Berlian Barat berkomitmen untuk mengembangkan berbagai jenis usaha, terutama di sektor perkebunan.

Menurut Kaharuddin, salah satu langkah awal yang mereka ambil adalah menggali potensi usaha perkayuan dari perkebunan lokal, dengan menggunakan jenis kayu Medang, Mahang, Cempedak tua, dan Durian. Hasil produksi ini dijadikan bahan untuk pembuatan kusen pintu dan jendela, yang menjangkau pasar perumahan di wilayah setempat. Meskipun demikian, kendala modal menjadi hambatan utama dalam mengoptimalkan usaha ini, sehingga sementara waktu produksi terpaksa dihentikan.

Kaharuddin juga menyoroti program BUMDES lainnya, seperti penampungan hasil karet warga untuk meningkatkan daya saing harga, serta potensi layanan jasa seperti fotokopi, internet, TV kabel, dan lainnya.

Sementara itu, sekretaris BUMDES, Hendri, menekankan pentingnya melibatkan seluruh warga dan kepala dusun dalam merumuskan rencana usaha yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan permintaan masyarakat. Dia juga menjelaskan bahwa rencana pengembangan usaha BUMDES harus mempertimbangkan karakteristik geografis dan potensi pasar lokal.

Dalam konteks ini, Hendri menyatakan bahwa usaha air bersih bukanlah prioritas di wilayah ini karena tanahnya tidak memungkinkan, namun warga masih menunggu hasil rencana untuk penambahan jenis usaha BUMDES lainnya dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Tanjung Berlian Barat. MK-Suhendri

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f