IFRAME SYNC

Pecahkan Rekor Pendakian Gunung Everest Sebagai Pendaki Wanita Tercepat

(F: Ist)

Marwahkepri.com – Phunjo Lama dari Nepal telah mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai pendaki wanita tercepat di Gunung Everest. Dalam pencapaiannya yang luar biasa, dia menyelesaikan perjalanan pulang-pergi dari Base Camp ke puncak dalam waktu hanya 24 jam 26 menit, tanpa berhenti untuk tidur.

Perjalanan menakjubkan ini dimulai pada pukul 15:52 pada 23 Mei, dan Phunjo tiba di puncak tertinggi dunia pada pukul 6:23 keesokan paginya. Dia menekankan bahwa kesuksesannya tidak hanya tentang kecepatan, tetapi juga tentang strategi dan ketahanan.

Phunjo memilih untuk mendaki di malam hari, menghindari kerumunan pendaki yang signifikan dan kemacetan yang sering terjadi di jalur pendakian. Strategi ini membuahkan hasil, dengan Phunjo berhasil menaklukkan Everest dengan relatif lancar.

Pendakian ini juga merupakan bagian dari persiapannya untuk mengejar impian lebih besar, yaitu mencapai semua puncak 8 ribu meter di dunia bersama rekan pendakinya, Samantha McMahon.

Menurut Phunjo, gunung adalah tempat bermain dan rumahnya, tempat kesetaraan selalu ditegakkan. Dia berharap melihat lebih banyak wanita terlibat dalam olahraga ini, dan memperjuangkan kesetaraan gender di antara klien-kliennya.

“Saya yakin mimpi saya akan menjadi kenyataan,” katanya, menegaskan tekadnya.

Meskipun mencatatkan namanya dalam rekor Guinness World Records pada tahun 2018 dengan waktu 39 jam 6 menit, Phunjo tidak terobsesi dengan pengakuan resmi. Baginya, gunung tidak pernah memandang gender, dan dia bertekad untuk memastikan bahwa pendakian gunung tetap menjadi tempat di mana kesetaraan selalu dijunjung tinggi.

Dengan pencapaiannya yang luar biasa, Phunjo Lama telah menjadi inspirasi bagi banyak orang, membuktikan bahwa batasan hanya ada dalam pikiran kita sendiri.(mk/cnn0

 

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f