Berlangsung di Masjid Agung, Wakil Gubernur Kepri Buka MTQ ke-XI Natuna

Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, membuka secara resmi MTQ ke-XI kabupaten Natuna di Masjid Agung, Minggu malam 21 April 2024.(Foto/Iwan)

NATUNA (marwahkepri.com) – Wakil Gubenur Kepulauan Riau, Marlin Agustina, membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XI tingkat Kabupaten Natuna, Minggu, 21 April 2024.

Dilaksanakan di Masjid Agung Natuna, Komplek Natuna Gerbang Utaraku (NGU), Kecamatan Bunguran Timur, kegiatan akan berlangsung hingga 26 April mendatang.

MTQ pada tahun ini mengusung tema “Dengan MTQ XI Tingkat Kabupaten Natuna Tahun 2024, Kita Jadikan Nilai-nilai Al-quran Sebagai Amalan Dalam Kehidupan Sehari-hari”.

Dalam amanahnya, Wagub Kepri Marlin Agustina, mengatakan, MTQ bukan hanya sekedar ajang untuk menguji kreatifitas dan seni membaca Al-Quran.

Namun jauh dari itu, kegiatan ini diharapakan dapat menjadi momentum untuk memahami dan mengimplementasikan isi Al-Quran dalam kehidupan bermasyarakat serta bernegara.

Orang nomor dua di provinsi Kepri ini, mengajak seluruh masyarakat membulatkan tekad dalam rangka mencapai nilai tambah yang diharapkan.

Selain itu, juga dapat memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas penyelenggaraan dan optimalisasi penampilan para peserta.

“Akan tetapi yang lebih penting lagi, melalui acara ini diharapkan dapat lmeningkatkan tali silaturahim diantara kita sebagai umat muslim,” ungkapnya.

Marlin Agustina yang merupakan istri Walikota Batam Muhammad Rudi ini, berpesan agar ajang MTQ dapat menjadikan masyarakat  Natuna yang Qurani.

“Mari kita jadikan momen pada malam hari ini untuk membangun masyarakat Natuna yang Qur’ani, cerdas, mandiri dalam kerangka keimanan dan budaya tempatan,” tutupnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Natuna Wan Siswandi, ia berharap melalui MTQ ini masyarakat Natuna khususnya umat muslim dapat menerapkan nilai-nilainya.

Disamping itu, dapat membangkitkan semangat dan memahami isi kandungan Al-Qur’an serta menerapkan nya ditengah kehidupan bermasyarakat.

“Saya berharap, kiranya jangan memandang MTQ hanya acara rutin saja, akan tetapi harus dijadikan sebagai suntikan energi umat Islam untuk membumikan Al-Quran,” pungkasnya.

Dengan demikian kata dia, manusia akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT baik di dunia maupun diakhirat kelak.

“Saya berharap agar MTQ ini menjadikan sumber kehidupan bagi kita supaya menjadi tentram karena setiap harinya kita mendengar bacaan Alquran,” ujar Siswandi.

Terakhir, ia berpesan, sebagai umat muslim harus menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan untuk mewujudkan Kabupaten Natuna yang memberikan kebaikan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kepri Muhammad Rudi, anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau Mustamin, Sekda Natuna Boy Wijanarko Varianto, anggota DPRD Natuna, Pimpinan Organidasi Perangkat Daerah (OPD), Pimpinan Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD), Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Natuna.MK-nang

Redaktur : Munawir Sani 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f