IFRAME SYNC

Perspektif Ahli: Manfaat dan Dampak Emosional dari Menangis

Ilustrasi Foto.

Marwahkepri.com – Ada momen di mana kita merasa ingin menangis, tetapi tidak semua orang merasa nyaman untuk melakukannya. Alasan tersebut mungkin termasuk rasa malu, gengsi, atau kekhawatiran terlihat lemah, terutama di kalangan laki-laki.

Meskipun menangis tidak akan secara langsung menyelesaikan masalah, banyak terapis setuju bahwa mengeluarkan air mata dengan cara yang aman dapat membuat kita merasa lebih baik, baik itu terjadi secara alami maupun tidak.

Penelitian menunjukkan bahwa menangis dapat mengaktifkan sistem saraf simpatetik, yang membantu dalam respons “lawan atau lari”. Selain itu, menangis juga melepaskan hormon bahagia yang membantu proses penyembuhan emosional dan meredakan stres. Beberapa peneliti juga menghipotesiskan bahwa cara kita bernapas ketika menangis dapat memengaruhi suasana hati.

Dalam banyak kasus, menangis bisa menjadi bentuk terapi pribadi karena dapat mengundang empati atau dukungan sosial dari orang lain. Namun, hal ini sangat tergantung pada situasi dan kondisi individu.

Menurut Lauren Bylsma, pengajar psikiatri di Universitas Pittsburgh yang mempelajari efek menangis, menangis memaksa seseorang untuk fokus pada situasi yang memicu air mata, yang pada akhirnya dapat membawa pemahaman baru dan memfasilitasi proses emosional yang membantu dalam menemukan solusi.

Meskipun menangis dapat memberikan manfaat, tidak semua orang merasa nyaman untuk melakukannya. Sebagian orang mungkin merasa sulit untuk terhubung secara emosional dengan diri mereka sendiri atau orang lain, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan emosi dan isolasi.

Sementara itu, menangis juga dapat memiliki dampak negatif tergantung pada situasi dan lingkungan di mana hal tersebut dilakukan. Menangis di depan orang-orang yang tidak mendukung dapat meningkatkan rasa malu dan ketidaknyamanan.

Sebagian pakar juga berpendapat bahwa tidak semua jenis tangisan dianggap bermanfaat. Misalnya, menangis atas kematian orang yang dicintai dianggap tidak memiliki manfaat yang signifikan. Selain itu, ada yang berpendapat bahwa menangis juga dapat memiliki dampak negatif pada tubuh, seperti menyumbat rongga hidung dan membuat otot tegang.

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f