IFRAME SYNC

Bahlil Bongkar Peran Maruarar Sirait dalam Proyek IKN: Sebuah Keterangan Mengejutkan

Potret Aguan cs yang Berkunjung ke IKN Nusantara Bareng Bahlil dan Maruarar. (f: bkpm)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan pandangannya terkait peran Maruarar Sirait dalam investasi untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bahlil memastikan bahwa Maruarar Sirait turut serta dalam Konsorsium Nusantara yang dipimpin oleh Agung Sedayu Group di bawah kepemimpinan Sugianto Kusuma alias Aguan.

“Saat itu saya memang mengecek, dan benar bahwa beliau [Maruarar Sirait] turut serta menemani saya bersama kelompok konsorsium. Perlu dicatat bahwa pembicaraan kita tidak mengarah pada individu, melainkan pada perusahaan-perusahaan,” ujar Bahlil di Gedung Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta, pada Rabu (24/1/2024).

Bahlil menegaskan bahwa Konsorsium Nusantara telah menyuntikkan investasi ke proyek IKN. Meski demikian, Bahlil tidak memiliki informasi spesifik mengenai peran Maruarar Sirait dalam proyek tersebut.

“Sayangnya, saya tidak mengetahui secara pasti peran Ara di IKN. Fokus saya lebih pada izin dan investasi, sedangkan kepemilikan saham tidak menjadi fokus diskusi,” tambahnya.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi, Otorita IKN Agung Wicaksono, juga belum dapat memberikan informasi mengenai peran Ara dalam pembangunan IKN berdasarkan dokumen-dokumen investor yang ada. Namun, Agung menyatakan bahwa Ara bersama dengan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia hadir di IKN bersama para investor.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa beliau, Pak Maruarar, hadir bersama Menteri Investasi, Pak Bahlil, bersama dengan perusahaan-perusahaan yang pada waktu itu akan membentuk konsorsium. Informasi kami terbatas pada hal tersebut, bahwa beliau memang hadir bersama para investor yang terlibat pada waktu itu,” ungkap Agung dalam Media Briefing Virtual pada Selasa (16/1/2024).

Belakangan, Maruarar Sirait menjadi sorotan publik setelah mengundurkan diri dari PDI Perjuangan. Meskipun partai menerima pengunduran dirinya, PDI Perjuangan memberikan komentar mengenai kesibukan Ara dan memperlihatkan foto bersama dengan sejumlah pengusaha ternama. Ara telah mengunggah foto bersama Sugianto Kusuma (Aguan), Prajogo Pangestu, Frangky Wijadja, dan Boy Thohir, yang berkumpul untuk membahas proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam sebuah makan malam. MK-dtc

Redaktur : Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f