Menteri Perhubungan Targetkan Uji Coba Bandara Nusantara di IKN, Kalimantan Timur pada Juli 2024

Ilustrasi Bandara di IKN. (f: net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengumumkan target uji coba Bandara Nusantara di Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia (IKN), Penajam Paset Utara, Kalimantan Timur, pada bulan Juli 2024. Pernyataan tersebut disampaikan saat meninjau progres pembangunan bandara pada Rabu (24/1).

Budi menyatakan bahwa proyek konstruksi dan persiapan operasional bandara akan dilaksanakan mulai Januari hingga Juli tahun ini. Pembangunan bandara ini bertujuan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan dan meningkatkan konektivitas di kawasan IKN.

Bandara Nusantara, yang terletak 23 kilometer dari titik 0 IKN dan 120 kilometer dari Balikpapan, memiliki luas terminal 7.350 meter persegi dan luas area bandara mencapai 347 hektare. Runway bandara ini memiliki panjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, mampu menampung pendaratan pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300ER dan Airbus A380.

Selain itu, Budi juga meninjau lokasi pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di IKN. Rute ART dijadwalkan untuk sebagian dapat digunakan pada bulan Agustus mendatang. Fase pembangunan rute ART melibatkan dua gerbong dengan total kapasitas 324 penumpang. Kecepatan operasional ART mencapai 40 km/jam, dengan kecepatan maksimal 70 km/jam, dan menggunakan baterai yang dapat disubstitusi dengan marka jalan dan magnet. MK-cnn

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f