Mengapa Harga Makanan dan Minuman di Bandara Lebih Mahal? Berikut 3 Alasan yang Menyertainya

Ilustrasi. (F: Gatra)

Marwahkepri.com – Bagi para pelancong yang sering berada di udara dan memerlukan penyediaan makanan di bandara, sudah menjadi hal yang umum bahwa harga-harga di sana cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan tempat-tempat umum lainnya.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ketika membeli makanan atau minuman di bandara, kita harus siap merogoh kocek lebih dalam. Namun, di balik harga yang lebih tinggi tersebut, terdapat beberapa faktor yang melatarbelakanginya.

Biaya Sewa yang Tinggi di Area Bandara

Gerai yang beroperasi di area bandara dihadapkan pada biaya sewa bulanan yang cukup tinggi. Besar biaya sewa ini sangat tergantung pada kebijakan masing-masing bandara. Biaya sewa tersebut belum termasuk pengeluaran untuk pembangunan gerai, tagihan listrik, dan berbagai biaya operasional lainnya. Oleh karena itu, penyewa gerai cenderung menaikkan harga makanan dan minuman untuk menutupi biaya operasional yang tinggi ini.

Pasar Khusus dengan Keterbatasan

Sebagai tempat dengan tingkat keamanan yang tinggi, penumpang tidak diizinkan membawa makanan dan minuman dari luar ke dalam bandara. Keadaan ini mengharuskan penumpang untuk membeli makanan atau minuman di dalam bandara, memberikan peluang bagi penyewa gerai untuk menetapkan harga lebih tinggi karena keterbatasan tersebut. Bandara umumnya menargetkan penumpang dalam perjalanan transit dan pelancong yang menghadapi keterlambatan penerbangan.

Kesepakatan Profit Sharing dengan Pihak Bandara

Gerai di area bandara sering kali memiliki kesepakatan profit sharing atau bagi hasil keuntungan dengan pihak bandara. Sebagai bisnis yang memiliki tingkat risiko tinggi dan fluktuatif, industri penerbangan menerapkan kebijakan ini.

Selain pendapatan dari kegiatan penerbangan, bandara juga mengandalkan pendapatan dari profit sharing dengan penyewa tempat di bandara. Faktor ini menjadi salah satu alasan mengapa penyewa gerai di bandara cenderung menjual makanan dan minuman dengan harga yang lebih tinggi.

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f