Calendar of Event 2024 Kota Tanjungpinang Dirilis, Ada 22 Event Menarik Sepanjang Tahun

Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan,S.Sos meluncurkan Calendar Of Event 2024, pada acara penutupan Gawai Rakyat, di kawasan Gurindam 12, Kota Tanjungpinang, Senin (15/1/2024) malam. (Foto: Diskominfo)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Tanjungpinang menetapkan 22 event menarik masuk dalam kalender pariwisata 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan,S.Sos meluncurkan Calendar of Event 2024, pada acara penutupan Gawai Rakyat, di kawasan Gurindam 12, Kota Tanjungpinang, Senin (15/1/2024) malam.

Pj. Wali Kota Hasan menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atas penyusunan calendar of event yang akan menjadi penanda berbagai kegiatan pariwisata sepanjang 2024.

“Kami mohon dukungan dan doa masyarakat agar pelaksanaan kalender pariwisata 2024 di kota Tanjungpinang dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ujar Hasan.

Hasan menegaskan komitmen untuk meningkatkan daya tarik wisata Tanjungpinang dengan merencanakan penataan di lokasi-lokasi wisata utama, seperti pulau Penyengat, Vihara Senggarang, dan ruas jalan menuju Patung Seribu.

“InsyaAllah, di 2024 ini, kami akan memulai revitalisasi di lokasi Gedung Gonggong Laman Boenda dan beberapa kawasan Gurindam untuk melengkapi penataan Tanjungpinang sebagai ibukota provinsi yang diupayakan oleh Gubernur Kepri,” ucapnya.

Beberapa lokasi yang akan segera diresmikan termasuk kawasan kuliner Akau Potong Lembu yang baru-baru ini resmi dibuka. Dilanjutkan nanti rencana peresmian Anjung Cahaya dan Bintan Center.

“Tentu potensi-potensi ini harus menjadi ikon masyarakat Tanjungpinang untuk kita suguhkan kepada siapa pun yang datang,” tambah Hasan.

Kepala Disbudpar Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri, menyampaikan pihaknya telah menyiapkan 22 event pariwisata yang beragam sepanjang 2024.

Event-event tersebut mencakup berbagai festival budaya, kuliner, silat, dan kegiatan yang mempromosikan kekayaan budaya daerah dan memberdayakan pelaku UMKM.

Rangkaian acara tersebut melibatkan berbagai pihak penyelenggara dan menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke Tanjungpinang.

“Kami berharap event ini dapat memberikan dampak positif dengan meningkatkan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, serta memberikan dukungan kepada pelaku UMKM,” ucap Nazri.

Adapun agenda pariwisata di calendar of event 2024 yaitu diawali dari Januari dengan penyambutan wisatawan mancanegara (wisman) perdana di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), ziarah sempena hari jadi, kemilau hari jadi Tanjungpinang, dan semarak hari jadi museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA) pada 31 Januari mendatang.

Pada 3-4 Februari Festival Budaya Nusantara Minang, selanjutnya pekan kedua dan tiga April Festival Kuliner Nusantara.

Kemudian minggu pertama Mei ada semarak Hari Pendidikan Nasional. Pada 14 Juni event Tanjungpinang Heritage Experience, dan pekan keempatnya ada Festival Mural. Tanggal 3-5 Juni ada dua event yaitu Festival Silat Serumpun dan 31 Juni kegiatan Mandi Safar.

Bulan Agustus kembali diadakan Tanjungpinang Fest atau Festival Kopi selama satu pekan pada tanggal 5-11 Agustus.

Selanjutnya pada 9 September semarak Museum di Hatiku dan Festival Lampion pada pekan keempatnya. Terakhir pada Oktober terdapat enam acara yaitu Festival Pulau Penyengat dan Pameran Temporer selama lima hari.

Pekan ketiga atau keempat ada semarak hari Ulang Tahun Kota Otonom, Pekan Kebudayaan Daerah dan Anugerah Kebudayaan Daerah.

Terakhir, 22 Oktober ada acara sembahyang dan ulang tahun Cetiya Ngi Ang Hiang Thiang Slang Tlh, Senggarang. MK-rah

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f