IFRAME SYNC

Pemda Natuna Gencar Usulkan Pembangunan Telekomunikasi di Seluruh Wilayah

Sambutan Bupati Natuna Wan Siswandi pada acara telekonfrence pengoperasian Satria dan BTS 4G BAKTI Kominfo di Desa Pengadah, Natuna, Kamis 28 Desember 2023.(foto/Nang)

NATUNA (marwahkepri.com) – Pemerintah Kabupaten Natuna terus mengusulkan  pembangunan infrastruktur telekomunikasi untuk menjangkau seluruh wilayah Natuna.

Langkah ini diambil guna menghilangkan potensi daerah “blank spot” di kabupaten yang memiliki julukan Laut Sakti Rantau Bertuah.

Bupati Natuna, Wan Siswandi, menyampaikan komitmen ini saat menghadiri telekonferensi pengoperasian Satria 1 dan BTS 4G BAKTI Kominfo yang diresmikan secara serentak oleh Presiden Republik Indonesia.

Menurut Siswandi, dalam era perkembangan zaman, telekomunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

“Telekomunikasi sangat bermanfaat bagi kita semua, terutama untuk bersilaturrahmi. Namun, di satu sisi, bisa mendatangkan mudarat jika digunakan untuk hal yang tidak benar,” ujarnya di Desa Pengadah, Kamis (28/12/2023).

Telekomunikasi merupakan infrastruktur vital, terutama di Natuna yang merupakan daerah kepulauan terpencil.

Bupati berharap kehadiran telekomunikasi dapat menjadi penghubung dengan memperpendek jarak antara warga, memperkuat silaturrahmi, dan mendukung perkembangan positif di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Natuna, Ikhwan Solihin, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan  pengoperasian Base Transceiver Station (BTS) yang dibangun pada tahun 2021-2022.

BAKTI Kominfo telah berhasil membangun BTS di 17 titik lokasi, termasuk di Desa Pengadah, dengan operator seluler Xtra Large (XL).

“Pengoperasian ini dilakukan secara serentak di 94 kabupaten di Indonesia, dan diikuti langsung melalui zoom oleh 38 lokasi, termasuk kita di Natuna,” ungkapnya.

Pengoperasian Satria 1 dan BTS 4G BAKTI Kominfo diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kabupaten Kepulauan Talaut, Provinsi Sulawesi Utara.

Diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan konektivitas dan akses telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia.MK-nang

Redaktur : Munawir Sani 

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f