PLN Batam Kembali Perkuat Komitmen Energi Baru Terbarukan dengan Penandatanganan SPJBTL PLTS Atap

Bright PLN Batam bersama PT Duta Surya Sukses, PT Giken Precision Indonesia, dan PT Panasonic Industrial Devices Batam melakukan kerjasama Layanan Total Solusi PLTS Atap Jumat, 24 November 2023. (f: doc)

BATAM (marwahkepri.com) – PT PLN Batam menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) dengan menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) PLTS Atap. Penandatanganan ini melibatkan beberapa pelanggan industri di Batam, yakni PT Duta Surya Sukses, PT Giken Precision Indonesia, dan PT Panasonic Industrial Devices Batam, dengan total daya terpasang mencapai 3.057 KWp.

Purnomo, EVP Perencanaan Strategis Pembangkitan PT PLN (Persero), mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pelaku bisnis dan industri di Batam dalam mendukung komitmen pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi.

“Pulau Batam sangat strategis, dekat dengan Negara Singapura dan Malaysia yang merupakan salah satu pusat ekonomi dan industri di Asia Tenggara. Ditambah sekarang ini industri hijau yang ramah lingkungan menghasilkan produk yang menjadikan industri Batam berdaya saing,” ungkap Purnomo.

Direktur Utama PT PLN Batam, Muhammad Irwansyah Putra, menyampaikan kesiapannya untuk menyuplai energi hijau bagi sektor industri di Batam. Dengan ukuran Pulau Batam yang terbatas, PLTS PV Rooftop dianggap sebagai solusi yang efektif untuk memaksimalkan potensi energi surya.

“Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan pelanggan kepada PLN Batam untuk mengelola energi baru terbarukan ini. PT PLN Batam berhasil memanfaatkan ruang yang sangat terbatas di wilayah Batam sebaik mungkin,” kata Irwansyah.

Penandatanganan SPJBTL ini menjadi langkah signifikan dalam mewujudkan energi bersih dan berkelanjutan di Batam. Andreas Kusuma, Direktur Utama PT Duta Surya Sukses, menyatakan bahwa pemasangan PLTS Atap adalah investasi jangka panjang dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan ekonomi.

“Melalui kesepakatan kita bersama, saya yakin dan percaya bahwa inisiatif ini tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek namun juga menjadi investasi jangka panjang dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan ekonomi, sekaligus kontribusi nyata dalam masa depan yang hijau dan berkelanjutan,” tutup Andreas. MK-mun

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f