IFRAME SYNC

Ilya Sutskever, Co-founder OpenAI, Menyesali Pemecatan Sam Altman

Sam Altman, CEO OpenAI yang dipecat. (f: net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Ilya Sutskever, salah satu pendiri sekaligus chief scientist di OpenAI, memberikan pernyataan setelah pengumuman pemecatan mendadak Sam Altman, CEO OpenAI. Sutskever adalah salah satu dari empat anggota dewan direksi OpenAI yang memutuskan untuk memecat Altman pada Jumat lalu.

Dalam cuitannya di Twitter/X, Sutskever menyatakan penyesalannya terhadap keterlibatannya dalam keputusan pemecatan yang diambil oleh dewan direksi. Ia menegaskan bahwa niatnya tidak pernah merugikan OpenAI dan bahwa ia memiliki cinta terhadap semua yang telah dibangun bersama. Sutskever juga berkomitmen untuk melakukan yang terbaik agar perusahaan dapat bersatu kembali. Altman merespons cuitan tersebut dengan tiga emoji hati.

“Saya sangat menyesali partisipasi saya dalam tindakan dewan direksi. Saya tidak pernah berniat merugikan OpenAI. Saya menyayangi semua yang kita bangun bersama dan saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk menyatukan kembali perusahaan,” kata Sutskever dalam postingannya di Twitter, seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (21/11/2023).

Pemecatan Altman telah menciptakan drama panjang di OpenAI. Beberapa saat setelah Altman dipecat, Greg Brockman, co-founder dan Presiden OpenAI, mengundurkan diri sebagai tanda solidaritas. Altman, yang sebelumnya diisukan akan kembali sebagai CEO OpenAI dengan beberapa syarat, termasuk meminta pengunduran diri dewan direksi, mengakhiri negosiasi dengan kebuntuan.

Kurang dari 24 jam setelah Altman mengunggah foto di kantor OpenAI dengan lencana tamu, dewan direksi menunjuk Emmett Shear, co-founder Twitch, sebagai CEO interim menggantikan Mira Murati yang memegang posisi itu hanya selama dua hari. Selanjutnya, CEO Microsoft, Satya Nadella, mengumumkan bahwa Altman dan Brockman akan bergabung dengan Microsoft untuk memimpin tim riset kecerdasan buatan (AI) tingkat lanjut.

Reaksi internal juga terjadi di OpenAI, di mana ratusan karyawan menandatangani surat terbuka yang meminta Altman untuk kembali sebagai CEO dan mengancam akan mengundurkan diri jika dewan direksi tidak mengundurkan diri. Menariknya, Ilya Sutskever, co-founder OpenAI, termasuk dalam karyawan yang menandatangani surat tersebut. MK-dtc

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f