Ilustrasi kabut asap. (Foto: net)

BATAM (marwahkepri.com) – Kabupaten Lingga dan Natuna diselimuti kabut asap kiriman dari wilayah Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Kepala BPBD Kepri Muhammad Hasbi menjelaskan bahwa kabut asap bisa sampai di dua kabupaten itu karena posisinya yang cukup berdekatan dengan Kalimantan dan Sumatera. Kabupaten Lingga berdekatan dengan Sumatera sedangkan kabupaten Natuna berdekatan dengan Kalimantan.

“Kabupaten Lingga ini berbatasan dengan Jambi dan Sumsel. Sedangkan Natuna ini berdekatan dengan Kalimantan Barat,” ujarnya, Kamis (5/10/2023).

Hasbi menyebut untuk status kesehatan udara di kedua kabupaten itu masih masuk dalam kategori tidak membahayakan. Namun dirinya meminta pemerintah kabupaten kota agar melakukan antisipasi seperti menyarankan penggunaan masker.

“Status masih waspada. belum membahayakan. Tapi sebaiknya masyarakat kita minta menggunakan masker untuk menjaga. Pemerintah kabupaten juga diharapkan gencar mensosialisasikan” ujarnya.

Hasbi menambahkan bahwa kondisi udara di dua kabupaten kota itu juga belum bergerak ke arah membahayakan karena masih turun hujan.

“Karena di Kepri sendiri kita cukup bersyukur, cuaca disini lumayan bagus, beberapa hari sekali ada turun hujan, sehingga dampak kabut asap tidak terlalu buruk,” tuturnya. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f