IFRAME SYNC

Antisipasi Dampak El Nino, Pemkab Anambas Gelar Gotong Royong Massal

Forkopimda Kabupaten Kepulauan Anambas menghadiri giat gotong royong massal di Lapangan Sepak Bola Sulaiman Abdullah Tarempa, Kamis (21/9/2023). (Foto: darwin)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Kegiatan gotong royong (goro) massal digelar di Lapangan Sepak Bola Sulaiman Abdullah Tarempa, Kamis (21/9/2023).

Kegiatan yang diadakan sebagai langkah proaktif dalam rangka mengantisipasi dampak dari fenomena El Nino dan cuaca ekstrem ini dipimpin langsung Bupati Kepulauan Anambas, H. Abdul Haris, S.H., M.H.

Fenomena El Nino sendiri digambarkan sebagai pemanasan suhu muka laut di Samudra Pasifik bagian tengah hingga Timur, memiliki dampak yang beragam di seluruh dunia.

Beberapa negara, seperti Peru, mengalami peningkatan curah hujan. Sementara di Indonesia, dampaknya cenderung menciptakan kondisi kering dan berkurangnya curah hujan.

Dalam sambutannya, Bupati Abdul Haris menyatakan bahwa goro yang dilakukan merupakan upaya antisipasi yang sangat penting.

“Dalam hal ini, kesiapsiagaan kita (Pemkab Anambas) bersama seluruh elemen masyarakat untuk menghadapi potensi dampak dari El Nino dan cuaca ekstrem,” ucap Haris.

Haris juga berbagi beberapa tips menghadapi cuaca ekstrem, antara lain memeriksa ramalan cuaca harian, menghindari mobilitas di tengah hujan lebat, mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin, mendapatkan cukup tidur dan menghindari begadang, melaporkan banjir dan genangan air, tidak berlindung di bawah pohon saat hujan lebat, menghindari rute yang rawan terhadap bencana, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta enggunakan air secara bijak.

Ia menghimbau agar kegiatan gotong royong massal ini dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, dari tingkat kabupaten hingga tingkat RT dan RW.

“Dengan kolaborasi ini, kami berharap agar kita semua tetap sehat dan selamat, sementara Kabupaten Kepulauan Anambas terlindungi dari potensi dampak bencana ekstrem,” tuturnya. MK-darwin

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f